Razia Balap Liar, Polres Lumajang Amankan 9 Motor Bodong

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim, Pada Malam minggu selain melakukan penggerebeken terhadap rumah miras, kapolres lumajang juga memimpin langsung kegiatan operasi motor bodong diwilayah kota lumajang. Total ada 9 motor yang diamankan karena tidak memiliki STNK dan juga tidak ada plat nomor kendaraan. Selain itu ada juga motor yang nomor rangka dan nomor mesinnya sengaja dirusak. Beberapa motor terindikasi motor bodong karena terlihat nomor rangka dan nomor mesinnya sengaja dirusak untuk menghilangkan jejak pemilik sebenarnya.

Tim cobra dibawah komanda Kapolres Lumajang awalnya bergerak kearah pusat jajanan rakyat (PJR) disana tim cobra melakukan operasi dan penggeledahan terhadap anak-anak muda, dari situ tim cobra mengamankan sekitar 4 motor yang diduga bodong. Selanjutnya tim cobra bergerak kearah taman toga yang, lokasi yang sering digunakan untuk pesta miras anak-anak muda. Dari taman kota disita 4 motor yang diduga Bodong. Setelah melakukan operasi di wilayah taman toga, tim cobra bergerak menyisir ke pinggiran kota. Disaat melewati jalan gatot subroto, ada 2 orang pemuda yang sempat melarikan diri setelah melihat tim cobra lewat, kemudian dilakukan pengejaran dan tertangkap di dalam gang. Pelaku tidak dapat menunjukkan surat-surat kendaraannya, sehingga kendaraan terpaksa diangkut oleh tim cobra menggunakan truck yang telah disiapkan. Selanjutnya tim cobra juga melakukan penyisiran ke wilayah timur yaitu jalan lintas timur (JLT) dan patroli ke pinggiran kota, namun disana tidak ditemukan adanya hal-hal yang mencurigakan.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban S.H., S.I,K., M,M., M,H., menginginkan lumajang bersih dari motor bodong ” Saya ingin lumajang bersih dari motor bodong, saya akan lakukan operasi terus menerus baik dijalanan, dikampung-kampung, maupun datang kerumah-rumah penduduk. Buat saya tidak ada kompromi untuk motor bodong. mau itu motor bagus ataupun motor jelek, mau itu dimiliki pejabat, atau pengusaha atau dimiliki petani, Bagi saya motor hasil kejahatan tidak dapat dibenarkan. Tidak ada alasan pembenar terhadap sebuah kejahatan” ungkap arsal

Arsal kemudian menyitir arti dari kitab suci Al-Qur’an “ di Al-Qur’an pun jelas menuliskan kalau yang salah tidak bisa dikatakan benar, pada surat Al-Baqarah dikatakan Janganlah kalian campur-adukkan antara kebenaran dan kebatilan, dan kalian sembunyikan yang benar padahal kamu mengetahuinya” Terang Arsal.

Perlu di ketahui bahwa kegiatan Patroli malam minggu dibagi menjadi 2 tim. 1 tim yang di pimpin oleh kabag ops bergerak mulai jam 21.00 wib. Kegiatan patroli bersifat gabungan melibatkan Polri, TNI dan Satpol PP berjumlah 52 personil, sasaran patrolinya mengarah kewilayah Lumajang utara, dengan rute wilayah kota, sukodono, kedungjajang, dan wilayah klakah. Tujuannya fokus untuk menekan pergerakan para pelaku curanmor dan pencurian sapi yang saat ini marak terjadi diwilayah Lumajang utara.

kemudian Tim ke-2 yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lumajang, bergerak mulai pukul 22.30 wib dengan kekuatan 40 Tim Cobra, dengan target penggerebekan miras dan operasi motor bodong di wilayah kota Lumajang.

Kabag ops polres lumajang Kompol Eko Hari Suprapto menjelaskan, ” Malam ini saya memimpin patroli skala besar bersama dengan rekan-rekan dari TNI dan satpol PP. Kegiatan patroli ini sesuai petunjuk kapolres lumajang untuk dilakukan secara menyebar supaya sasaran bisa lebih luas dan daya jangkau lebih jauh. Kami fokus berpatroli di desa-desa diwilayah utara khususnya kedungjajang dan klakah untuk mengantisipasi pencurian hewan dan pencurian kendaraan bermotor,” ujar Kompol Eko.

Al/Sw/Hy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password