Berita Bali : 2 Oknum Warga Turki Tertangkap Mencuri Data di ATM Depan Mart Acho Beach Kuta Utara

Tribratanews.polri.go.id Polda Bali    Unit Reskrim Polsek Kuta Utara menangkap dua warga Turki, E.G (47) dan A. O. A (36), yang terlibat kasus kejahatan mencuri data nasabah ATM BNI. Keduanya beraksi di mesin ATM BNI depan Mart Acho Beach Jl. Batu Mejan No. 88, Banjar Canggu, Kuta Utara. Kasus tersebut terbongkar pada, Minggu (23/1) lalu.

Informasi dihimpun, Senin (23/1) kemarin, terungkapnya kasus tersebut berawal dari mesin ATM BNI di TKP, yang terpantau mati oleh petugas PT. Swadharma Sarana Informatika (SSI) Jl. Suli, Denpasar, Sabtu (21/1) sekitar pukul 11.30 siang. “Keesokan harinya sekitar pukul 01.00, dua petugas SSI mengecek kondisi mesin ATM ke TKP,” kata sumber polisi.
Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata gembok tempat modem yang posisinya di bagian atas mesin ATM hilang. Selain itu, trali yang menghubungkan ke modem terpotong. “Petugas SSI lantas melakukan pemeriksaan secara mendetail dan ditemukan benda sejenis drive copy (alat penyalin data) warna putih terpasang di tempat modem ATM,” ucapnya.

Karena mencurigakan dan terjadi kejanggalan, petugas SSI melapor ke kantornya kemudian diprintahkan mencabut benda tersebut. Keduanya petugas itu mengamankan benda itu ke kantornya.   “ Saat keduanya pergi, dua petugas SSI lainnya datang ke TKP memantau dari kejauhan untuk mengetahui orang yang memasang alat merekam data nasabah itu,” imbuhnya.
Selang dua jam berikutnya, tepatnya pukul 03.00 dua warga asing masuk ke ATM dan diketahui sedang mencari sesuatu di atas mesin ATM tempat terpasangnya drive copy. Kedua petugas SSI lantas mengamankan ke dua bule asal Turki itu. “Pelaku juga terekam CCTV saat melakukan aksinya, yakni memasang drive copy di atas mesin ATM dengan bantuan tong sampah sebagai pijakan,” tegasnya.

Kedua pelaku yang menginap di salah satu hotel di Canggu, Kuta Utara itu diserahkan ke Polsek Kuta Utara. Sementara Kapolsek Kompol Pius Aceng Loda, yang dikonfirmasi mengatakan, telah menetapkan keduanya jadi tersangka. “Mereka diduga jaringan internasional. Kami amankan sejumah barang bukti, diantaranya laptop, alat-alat drive copy, sejumlah kartu selular dan lain-lainnya,” masih kami dalam pengakuan tersangka (Guz Res Badung)
Sumber Polres badung
Editor : Swan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password