Polda Aceh Minta Kelompok KKB Menyerahkan Diri

Tribratanews.polri.go.id – Banda Aceh. Polda Aceh mengimbau kepada seluruh anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) agar segera menyerahkan diri kepada aparat keamanan.

 

“Kelompok kriminal bersenjata selama ini telah melakukan aksi kejahatan yang melanggar hukum di berbagai wilayah Provinsi Aceh,” terang Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Ery Apriyono, Jumat (03/05/19).

 

Pengungkapan dan penangkapan KKB di wilayah hukum Polda Aceh ini berawal dari informasi yang beredar di media sosial video tentang rencana pergerakan kelompok sipil bersenjata Aceh di bawah pimpinan yang berinisial TSMAM alias AR.

 

“Sasaran mereka selanjutnya termasuk anggota pemegang senjata api laras panjang maupun laras pendek, yang menurut sumber untuk senjata api laras pendek akan mereka bagikan pada komandan regu dalam kelompok tersebut yang ada di setiap desa,” ungkap Kabid Humas.

 

Kemudian Polda Aceh membentuk tim gabungan yang terdiri dari Dit Reskrimum, Dit Intelkam, Sat Brimobda Aceh, Polres Aceh Timur, Polres Aceh Utara untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan penindakan terhadap terduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

 

Dari hasil penyelidikan didapati informasi bahwa selain AR, juga ada beberapa nama yang teridentifikasi sebagai anggota kelompok sipil bersenjata tersebut diantaranya NA (45) warga Aceh Timur.

 

Kabid Humas mengatakan, Pada Selasa (16/04/19) pukul 16.00 WIB, telah datang menyerahkan diri 4 orang yang diduga terlibat dalam kelompok KKB tersebut ke Polres Aceh Timur.

 

Selanjutnya, Rabu (24/04/19), telah diperoleh informasi tentang keberadaan salah seorang anggota KKB NA (45) sehingga dilakukan penangkapan di Dusun Seuneubok Teungoh, Desa Kruet Lintang, Kecamatan Peureulak Timur, Kabupaten Aceh Timur.

 

Barang Bukti yang ditemukan diantaranya, 3 Pucuk Senjata Api laras panjang (2 Pucuk jenis AK 56 dan 1 Pucuk AK 47), 3 Buah Magazine AK, Amunisi AK lebih kurang 400 Butir, 5 Buah Selongsong AK, 3 buah Borgol, 2 Unit Handphone (1 hp merek Vivo dan 1 hp merek Nokia), 3 Buah Tas Pinggang dan 2 Lembar Surat Aturan Tentra Mujahidin.

 

Sementara itu, Kapolda Aceh, Irjen Pol. Drs. Rio S. Djambak mengatakan, TNI-Polri dan stakeholder lainnya akan menjaga dan memelihara kondisi kamtibmas di Aceh agar selalu dalam keadaan stabil dan kondusif. Dan menghimbau kepada KKB yang masih bersembunyi agar segera menyerahkan diri kepada aparat keamanan.

 

“Bila himbauan ini tidak diindahkan, aparat keamanan akan melakukan tindakan tegas dan terukur sesuai hukum yang berlaku,” tegas Kapolda Aceh.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password