Polri Masih dalami Aktor Intelektual Kelompok Anarko Sindikalisme pada May Day 2019

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Mabes Polri sedang melakukan investigasi mengenai kelompok Anarko Sindikalisme yang diduga melakukan perusakan fasilitas umum ketika aksi demonstrasi buruh dalam memperingati May Day 2019 di berbagai kota besar pada saat peringatan Hari Buruh Internasional. Seperti di Bandung, Surabaya, Jakarta, Malang, Yogyakarta dan Palembang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. menyampaikan, bahwa salah satu temuannya yaitu kelompok itu berkomunikasi melalui grup WhatsApp (WAG). Selain itu Polri akan menyelidiki aktor intelektual di balik kelompok Anarko. “Kami akan dalami secara komprehensif, aktor intelektualnya siapa, dan jejaring bagaimana organisasinya. Peran masing-masing di dalam kelompok itu apa, karena mereka komunikasinya melalui WAG (WhatsAap Group),” jelas Mantan Wakapolda Kalteng tersebut, Jumat (3/5/19).

Jenderal Bintang Satu tersebut juga mengatakan, melalui grup percakapan itu para anggota dikoordinasikan untuk berkumpul di sejumlah titik tertentu sebelum melakukan aksi vandalisme.

Karo Penmas menambahkan, ada pula arahan untuk mengenakan pakaian warna tertentu dan membawa sejumlah barang-barang. Seperti minuman keras, pilox untuk melakukan vandalisme di sejumlah fasilitas umum. “Mereka diminta kumpul di titik satu, dua, tiga, empat, dan seterusnya. Dan baju yang akan dikenakan warna gelap dengan celana tertentu. Gerakan yang dibawa ada miras, pilok dan lain-lain,” jelas Jenderal bintang satu ini.

Pilox yang dibawa untuk coret-menyoret dan membuat simbol A di beberapa area publik. “Sasarannya apa? Itu akan didalami semua vandalisme, coret mencoret, membuat simbol mereka di area publik,” terangnya.

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password