Polda Kalbar Musnahkan Belasan Kilogram Narkoba

Tribratanews.polri.go.id – Pontianak. Ditresnarkoba Polda Kalbar melakukan pemusnahan terhadap barang bukti berupa narkoba yang dilaksanakan di Halaman Mapolda Kalbar, Jumat (03/05/19).

 

Pemusnahan barang bukti narkotika sebanyak 13,65 kilogram tersebut, dilakukan dengan cara dibakar menggunakan incinerator (alat pembakar sampah dioperasikan dengan teknologi pembakaran pada suhu tertentu) milik Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalbar.

 

Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H., mengatakan bahwa barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan dari dua kasus pada Senin (08/04/19) lalu, dengan lima orang tersangka yang terdiri dari empat orang laki-laki berinisial MJ, BA, IS, dan UF, serta satu orang perempuan berinisial IS.

 

“Nah yang perempuan ini, namanya IS, ini suami istri dari yang disebelahnya (MJ),” terang Kapolda Kalbar.

 

Petugas BNNP Kalbar melakukan proses pegecekan barang bukti dengan meneteskan cairan untuk memastikan keaslian barang bukti, sebelum dilakukan pemusnahan.

 

Menurut Kapolda, sebagian besar pengungkapan kasus narkotika di Kalbar barawal dari adanya informasi dari masyarakat.

 

“Makanya kita semua warga Kalimantan Barat sudah punya komitmen “zero narkoba”, sehingga apapun narkoba-narkoba yang bermain, masyarakat kita sudah punya daya tangkal, daya cegah. Bahkan ada yang ditangkap langsung bersama-sama kita,” ucapnya.

 

Untuk itu, Kapolda mengajak seluruh masyarakat agar berkomitmen dan konsisten memberantas peredaran narkotika di Kalbar. Sejak Januari 2019 hingga saat ini, Polda Kalbar bersama BNNP Kalbar telah mengamankan ratusan kilogram barang bukti narkotika yang terdiri dari sabu hingga ekstasi.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password