Polisi Tetapkan Dua Orang Kelompok Anarcho Sindikalism di Malang Sebagai Tersangka

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Polri telah menetapkan dua orang kelompok buruh yang menganut paham anarcho sindikalism di Malang, tersangka terkait dengan kericuhan yang terjadi ketika pelaksanaan Hari Buruh Internasional, Jumat (03/05/19).

Pada saat peringatan May Day berlangsung, diketahui kelompok yang memiliki paham penolakan terhadap aturan-aturan negara itu melakukan aksi demonstrasi dibeberapa wilayah Indonesia.

“Untuk di wilayah Malang sudah ditetapkan dua tersangka tapi dikenakan pasal tipiring (tindak pidana ringan). Dua tersangka tersebut dikenakan Pasal 489 KUHP,” ungkap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., di Mabes Polri, Jumat (3/5/2019).

Jumlah kelompok anarcho sindikalism yang ditetapkan sebagai tersangka hingga saat ini sebanyak empat orang. Yakni, dua orang di wilayah Bandung Jawa Barat. Sedangkan dua lagi di Kota Malang.

Mantan Kapolres Ponorogo ini menjelaskan, untuk wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Makassar, dari hasil proses identifikasi tidak ada proses penegakan hukum. Selain itu, wilayah Jawa Timur, sebanyak dua wilayah yang dilakukan proses penyelidikan yakni di Surabaya dan Malang. Di Surabaya, penyidik mengamankan enam orang dan dikenakan wajib lapor.

“Di Makassar sama masih proses identifikasi artinya kelompok tersebut nanti akan dipetakan, di profiling dan diidentifikasi secara komprehensif,” jelas mantan Kapolres Lumajang tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password