Bareskrim Polri Tangkap 14 Tersangka Pembawa 137 Kilogram Sabu Asal Malaysia

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Bareskrim Polri berhasil menangkap 14 tersangka tindak pidana narkoba jaringan Malaysia dengan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 137 kilogram sepanjang Bulan April 2019.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol. Eko Daniyanto mengungkapkan bahwa jaringan narkotika jenis sabu asal Malaysia itu berencana membawa barang terlarang tersebut ke Indonesia melalui jalur laut. Selanjutnya, narkoba tersebut akan didistribusikan ke sejumlah kota yaitu Aceh, Medan, Riau dan Palembang.

Namun, distribusi sabu itu digagalkan Tim Gabungan Direktorat Polair dan Dirjen Bea dan Cukai dengan menangkap beberapa pelaku di sejumlah daerah.

“Jadi pada Jumat 11 April 2019 lalu sekitar pukul 22.30 WIB, tim melakukan penangkapan di Dusun II Gajah Mati, Babat Rupat, Musi Banyuasin, Sumsel dan menemukan narkotika jenis sabu berjumlah 26 bungkus seberat 26 kilogram, kemudian dari situ, kami kembangkan kasus ini dan menangkap para pelaku,” jelas Brigjen Pol. Eko Daniyanto , Jumat (03/05/19).

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri menjelaskan para tersangka berinisial SN (42), SS (47), TM (39), RM (30), DI (30), MR (47), SO (48), HR (42), BI (47), IS (39), HE (34), RM (29), MA (30), dan HR (34) ditangkap di beberapa lokasi yang berbeda di wilayah Sumatra Selatan.

Menurut Jenderal bintang satu tersebut ada 13 tersangka yang berperan sebagai kurir dan satu tersangka berinisial MA menjadi pengendali para kurir tersebut.

“Jadi tersangka MA ini adalah pengendali kurir narkotika yang membawa narkotika jenis sabu dari Tembilahan Riau ke Betung Sumatra Selatan,” tegas Brigjen Pol. Eko Daniyanto.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati dan denda paling besar Rp10 miliar.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password