Kepada Kelompok Anarko, Polisi Kenakan Pasal 170 KUHP

Tribratanews.polri.go.id – Bandung. Dua anggota kelompok Anarko Sindikalism yang melakukan tindakan anarkis dan vandalisme saat peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu (1/5/2019) dijerat Pasal 170 ayat 1 KUHP tentang perusakan terhadap barang atau orang.

Instrumen hukum ini diterapkan penyidik gabungan Polda Jabar dan Polrestabes Bandung untuk menyidik dan menahan kelompok Anarko Sindikalism.

“Kami (penyidik Polda Jabar dan Polrestabes Bandung) mengenakan Pasal 170 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang perusakan terhadap barang atau orang,” jelas Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K., Kamis (2/5/2019).

Kabid Humas menjelaskan, Pasal 170 ayat 1 KUHP memuat ancaman pidana terhadap pelaku dengan hukuman 5 tahun 6 bulan.

“Mereka (massa Anarko) sebagian besar sudah dipulangkan. Tetapi ada dua orang yang kami tahan dan dijerat Pasal 170 ayat 1,” lanjutnya.

Diketahui, aparat Polrestabes Bandung mengamankan 619 orang yang tergabung dalam kelompok Anarko lantaran melakukan tindakan anarkistis dan vandalisme saat May Day di Kota Bandung.

Setelah dikumpulkan dan didata di Mapolrestabes Bandung, anggota Anarko yang sebagian besar remaja berusaia 15-18 tahun itu, dibawa ke Mako Brimob Polda Jabar.

“Ada warga yang melaporkan fasilitasnya rusak, termasuk laporan dari teman-teman buruh juga yang merasa dirugikan oleh aksi kelompok itu saat merayakan May Day di Gedung Sate,” tutur Kabid Humas Polda Jabar.

(my/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password