BNN: Riau dan Kalimantan Barat Berpotensi jadi Jalur Masuk Narkoba

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengungkap kasus narkoba dengan modus baru. Tiga kasus narkoba selama April 2019 didapati BNN dengan tiga jenis kemasan yang berbeda.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari menerangkan, bahwa beberapa kasus menunjukkan perbedaan kemasan dan identitas dari sindikat narkoba. Berdasarkan pengalaman, BNN memetakan warna kemasan tersebut. “Kami dapati kemasan berwarna hijau lumut, hijau sekali, dan lakban hitam,” jelas Irjen Pol Arman di BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (2/5/19).

Irjen Pol Arman Depari juga mengatakan, ternyata terjadi kemiripan terhadap kasus narkoba jenis sabu sebanyak 52 kilogram di Pelabuhan Buruh, Indragiri Hilir, Riau dengan kasus narkoba di Sumatera Utara dengan barang bukti 60 kilogram. “Sumbernya sama mereka masuk melalui Riau. Khususnya di Indra Giri Hilir. Kemungkinan besar sindikat sama barang berbeda,” jelasnya.

Beliau juga menambahkan, bahwa kemasan berwarna hijau lumut masuk ke Indonesia melalui perairan Aceh. Temuan itu sering ditemui dalam beberapa kali pengungkapan kasus. Pemetaan wilayah kemudian menjadi jalan yang diambil. BNN memperkirakan pergerakan transaksi nantinya akan terjadi di Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat. “Kita sudah perkirakan, karena gencar dan diungkap kasusnya. Kita juga awasi wilayah Pantai Aceh sampai Sumatera Utara, diperkirakan ke Riau dan Kalbar,” terangnya.

Berdasarkan catatan pihaknya, khusus untuk sabu berkemasan hijau lumut sudah lima kasus yang diungkap. Nantinya, penelusuran tersendiri akan dilakukan BNN. Kemudian dengan tingkat kemurnian dari sabu, Arman menuturkan bahwa sabu yang pernah diungkap olehnya mempunyai kemurnian mencapai 96 persen. “Kita lihat nanti apakah ini narkoba yang memiliki tingkat kemurnian yang mendekati sempurna dan untuk saat ini narkoba dihadapan kita mempunyai tingkat kemurnian 84 persen. Paling tinggi yang kita temukan, jenis kemasan kuning kuning sampe 96 persen,” tutupnya.

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password