Polri Tindak Tegas Kelompok Anarcho Syndicalism yang Picu Insiden pada May Day

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., mengatakan bahwa kelompok Anarcho Syndicalism merupakan fenomena Internasional. Polri sedang menyelidiki dan memetakan kelompok tersebut. Karena aksinya yang kontroversial dan bahkan menjurus tindak pidana dapat mengganggu ketertiban umum, Kamis (02/05/19).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan buruh, aksi May Day seluruh Indonesia relatif aman. Meski ada satu kelompok yang namanya Anarcho Syndicalism picu insiden kerusuhan,” tutur Jenderal Pol. Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (2/5).

Menurut Guru Besar PTIK ini, kelompok Anarko Sindikalisme berpandangan bahwa buruh merupakan pekerja yang tidak dapat diatur oleh perusahaan dan lainnya. Andil mereka sangatlah dibutuhkan bahkan untuk negara sekalipun dan untuk itu mestilah mendapat kebebasan.

“Pekerja itu lepas dari aturan-aturan, mereka menentukan sendiri, makanya disebut anarcho syndicalism. Ini sudah lama berkembang. Di Rusia, di Eropa, di Amerika Selatan, termasuk di Asia. Di Indonesia baru berkembang beberapa tahun terakhir ini,” jelas mantan Kepala BNPT tersebut.

Kapolri menegaskan, kelompok ini akan terus diselidiki dan diproses sesuai hukum yang berlaku. Kemudian, lanjut Jenderal Pol Tito Karnavian, pemetaan terhadap kelompok tersebut juga dilakukan untuk nantinya dilakukan pembinaan.

“Menghadapi situasi itu kita pasti akan tindak tegas, tapi saya sudah perintahkan untuk melakukan pemetaan kelompoknya dan kita akan melakukan pembinaan kepada mereka,” tegas Jenderal Bintang Empat tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password