Peringatan May Day 2019, Polda Jatim Berhasil Menangkap Kelompok Anarko yang Menyusup dalam Aksi Buruh di Surabaya

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Lima orang yang mengatasnamakan “Kelompok Anarko” dengan mengenahkan jaket hoodie warna hitam ditangkap polisi saat menyusup hendak masuk gedung Negara Grahadi, Jalan Pemuda Surabaya saat di para buruh memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei 2019.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangeran mengatakan bahwa “Lima orang Kelompok Anarko yang ditangkap hingga semalam masih dalam proses pemeriksaan di Polrestabes Surabaya,” terang Kabidhumas.

Kabidhumas juga mengatakan, kelompok Anarko ini tidak hanya menyusup dalam aksi buruh di Surabaya, tetapi juga di beberapa daerah lain yang juga menggelar aksi serentak peringatan May Day 2019. “Namanya kelompok Anarko atau Anarki, yang benderanya itu ada tulisan A dalam lingkaran, ini masuk dengan bendera itu,” jelasnya di Mapolda Jawa Timur, Rabu (1/5/19).

Kelompok Anarko atau anarki ini sengaja memanfaatkan peringatan Hari Buruh Internasional, yang digelar oleh kaum buruh di Jalan Pemuda depan gedung negera Grahadi Surabaya. Kelompok itu memang sengaja menyusup di sela sela para buruh lagi demo.

Kabidhumas menambahkan, munculnya kelompok Anarko di tengah barisan buruh yang menggelar aksi peringatan buruh sedunia di Gedung Grahadi ini, lanjut Barung, sempat membuat ricuh suasana yang berujung kepada pembubaran paksa oleh polisi. “Memang ada dinamika, terutama mereka-mereka yang memanfaatkan kegiatan buruh 1 Mei ini, menyusup, kemudian memperkeruh suasana,” tegasnya.

Kelompok Anarko melakukan giat bersamaan dengan para buruh yang memperingati May Day tidak memiliki ijin atau pemberitahuan kegiatan yang dilakukannya. Dan gerak cepat anggota Polrestabes Surabaya untuk melakukan penangkapan terhadap mereka.

Kabidhumas juga menambahkan, kelompok Anarko membawa Bendera hitam ada tulisa A dilingkari sengaja mau membuat kisruh di lokasi aksi demo para buruh.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password