Polisi Amankan Ratusan Orang yang Menyusupi Aksi Buruh di Bandung

Tribratanews.polri.go.id – Bandung. Kepolisian mengamankan ratusan orang berpakaian serba hitam yang diduga menyusupi aksi buruh saat peringatan Hari Buruh Internasional di Kota Bandung, Rabu (1/5/19).

Mereka terdiri dari sejumlah komunitas, di antaranya Gerakan Rakyat Anti Kapitalis (GERAK), mahasiswa, pers mahasiswa, Aliansi Pelajar Bandung dan anggota komunitas gerakan di Bandung. Rata-rata dari mereka melakukan aksi vandalisme menggunakan simbol anarkisme atau huruf A besar.

 

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Kombes. Pol. Irman Sugema, S.H., S.I.K., M.H., membenarkan bila ratusan orang tersebut telah menyusupi aksi buruh yang dipusatkan di Gedung Sate, Kota Bandung.

“May Day tetap berjalan aman dan tertib, tapi karena ada kelompok diluar serikat buruh yang mencoba menyusup dan membuat kekacauan, kita langsung amankan,” jelas Kapolrestabes Bandung.

Kapolrestabes Bandung menjelaskan, bahwa kelompok tersebut rata-rata berisikan anak muda. Kelompok itu berasal dari berbagai kalangan dari mahasiswa, pengangguran, hingga anak SMA. Bahkan, tak hanya piloks, beberapa diantaranya membawa senjata tajam.

“Kami sedang melakukan pendalaman orang-orang yang berasal dari kelompok tersebut, dan melakukan aksi vandalisme,” terang Kapolrestabes Bandung.

Ulah vandalisme yang dilakukan kelompok itu adalah mencorat-coret kendaraan yang digunakan serikat pekerja menuju Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, titik kumpul aksi buruh di Kota Bandung.

Saat ini, ratusan orang sudah diamankan tersebut telah diangkut ke Mapolrestabes Bandung. Polisi akan melakukan pendataan dan pendalaman lebih lanjut terhadap kelompok tersebut.

“Tujuan kita mengamankan ke Polrestabes, dalam rangka mengantisipasi timbulnya konflik antara buruh dan kelompok tersebut,” jelas Kapolrestabes Bandung.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password