Jelang Ramadhan, Polda Lampung Antisipasi Peredaran Uang Palsu

Tribratanew.polri.go.id – Bandar Lampung. Menjelang bulan suci Ramadhan, aktivitas perekonomian masyarakat meningkat termasuk perputaran uang. Untuk mengantisipasi hal tersebut Polda Lampung akan melakukan antisiapsi dugaa peredaran uang palsu dalam transaksi jual beli maupun penukaran uang.

“Kita perlu menyikapi adanya dugaan peredaran uang palsu. Apalagi, dalam waktu dekat kita akan memasuki bulan suci Ramadhan dan Idhul Fitri,” terang Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad, di Bandarlampung, Rabu (01/05/19).
Dalam mengantisipasi peredaran uang palsu tersebut, Polda Lampung akan melakukan koordinasi bersama pihak Bank Indonesia (BI) dan memberikan imbauan-imbauan saat penukaran uang maupun transaksi agar selalu meneliti.

Masyarakat juga disaranakn saat melakukan penukaran maupun transaksi, harus mengecek kembali dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang. ‘’Apabila menemukan sejumlah uang pada alat transaksi jual beli yang diduga palsu, agar segera melapor kepada kepolisian terdekat,” tegas Kabid Humas.

Kabid Humas mengimbau, baik kepada masyarakat maupun kepada polres jajaran agar memberikan pendampingan kepada masyarakat bagi yang akan melakukan penarikan maupun transfer uang di ATM yang akan digunakan untuk pembayaran THR pegawai.

“Jika membutuhkan bantuan untuk pengawalan segera hubungi kepolisian, itu akan kami berikan secara gratis. Jangan mengambil risiko, marilah beritahukan kepada kami maka agar dapat melakukan pengawalan,” ujarnya.

Pihak kepolisian akan selalu melakukan patroli, baik di setiap bank, ATM maupun di jalan-jalan.

“Masyarakat harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri, dan apabila ada aktivitas seseorang yang mencurigakan segera melaporkan kepada kepolisian. Selain itu, masyarakat perlukan kerja sama yang baik dan jangan membawa perhiasan berlebihan agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan,” pungkas Kabid Humas.

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password