Polisi Berhasil Tangkap Pengedar Bahan Roti Isi Semen di Jepara

Tribratanews.polri.go.id – Jepara. Polres Jepara berhasil menangkap dua orang dengan inisial W (56) dan S (41) yang merupakan warga Bojonegoro, Ja/wa Timur, saat hendak mengedarkan bahan pengembang roti yang berisi semen di Kecamatan Welahan.

 

“Setelah menerima laporan, kami langsung melakukan penyisiran di sejumlah pasar tradisional. Akhirnya kami berhasil menangkap dua pelaku di wilayah Welahan,” terang Kasat Reskrim Polres Jepara, AKP Mukti Wibowo, Minggu (28/04/19).

 

Dari hasil pemeriksaan, keduanya dibantu oleh WO (50), yang saat ini masih dalam pengejaran.

“Jadi, WO seakan-akan sebagai pembeli yang mencari bahan bermerek Rajawali dalam skala besar dan meninggalkan nomor telpon. Sehingga calon pembeli yang jadi target bisa yakin,” jelas Kasat Reskrim Polres Jepara.

 

Dari hasil penyelidikan dan penyidikan, sudah lima korban. Berdasarkan data Satreskrim Polres Jepara, salah satunya Siti Bariroh (27), pedagang Pasar Jepara II, megalami kerugian paling banyak. Warga Welahan, Jepara ini membeli 40 dus bahan pengembang kue merk Rajawali yang ternyata berisikan semen seharga Rp 14 juta rupiah.

“Setelah membeli bahan pengembang kue dari pelaku, para pedagang lantas menghubungi WO yang mengaku membutuhkan banyak. Namun nomor ponsel sudah tidak aktif. Pedagang yang curiga kemudian membuka kemasan itu yang ternyata berisikan semen,” tambah Kasat Reskrim.

Wagito pun mempunyai ide untuk menjiplak bahan pengembang kue merk rajawali. Dus yang telah disediakan kemudian disablon, namun tak diisi bahan pengembang kue melainkan diisi semen.

Setelah beberapa kali meresahkan warga, keduanya ditangkap dengan barang bukti diantaranya 142 kotak kardus kecil warna merah merk Rajawali yang berisikan semen dalam kemasan plastik, 31 kemasan plastik bening isi semen, 50 (lima puluh) kantong plastik warna merah dan 300 lembar pembungkus warna merah dengan merk Rajawali.

atas kasus tersebut, para pelaku dijerat Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) dan UU RI tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 136 Jo Pasal 27 ayat (1) UU no 18 tahun 2012 tentang Pangan.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password