TNI dan Polri Dikerahkan Guna Bantu Korban Banjir

Tribratanews.polri.go.id – Bengkulu. Aparat gabungan TNI/Polri diterjunkan ke lokasi banjir di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, dalam rangka membantu warga yang menjadi korban banjir di wilayah itu yang terjadi Jumat malam.

Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak, S.I.K., bersama Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Ujan Mas, Sabtu (27/4/19) siang menjelaskan bahwa dua desa terdampak paling parah akibat kejadian itu adalah Desa Air Hitam dan Tanjung Alam.

“Banjir terjadi di Desa Tanjung Alam dan Air Hitam ini memang cukup tinggi, dan tadi pengecekan yang kami lakukan, memang cukup banyak rumah warga yang terendam air maupun lumpur, bahkan jalan juga sudah tertutup lumpur material banjir lainnya,” jelas Kapolres Kapahiang.

Ia juga mengatakan untuk memastikan jumlah warga terdampak maupun jumlah kerugian yang dialami desa yang terkena bencana, kepala desa masing-masing serta anggota Polri dan TNI juga dikerahkan membantu proses pendataan.

Selain itu Kapolres Kepahiang ini juga mengaku sudah berkoordinasi dengan BPBD, Tagana, dinas kesehatan guna mendirikan posko kesehatan dan dapur umum serta mengupayakan agar alat berat masuk kedua desa tersebut, sehingga bisa membersihkan material sisa banjir yang memenuhi pemukiman warga.

Walaupun belum bisa dilalui kendaraan, petugas gabungan sudah membawa suplay logistik terutama bahan makanan seperti nasi bungkus, air bersih maupun bahan makanan lainnya bantuan Pemkab setempat dan warga dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor.

“Banjir ini selain merendam rumah warga, lahan pertanian dan sarana prasarana publik juga menyebabkan tiga warga Desa Suro, kemarin Jumat (26/4/19) yang sedang di atas rakit ikan keramba terbawa banjir, satu selamat dua masih hilang,” jelas Kapolres.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password