Jelang Ramadhan dan Lebaran 2019, Satgas Pangan Polri Pantau Ketersediaan Pangan dan Jaga Stabilitas Harga

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. mengatakan bahwa Satgas Pangan selalu berkoordinasi dengan lintas sektor dalam rangka menjaga ketersediaan pangan dan menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran 2019, Jumat (26/04/19).

Satgas Pangan bersama Kementerian Pertanian, Karo Penmas menjelaskan, memantau proses impor bawang dari enam perusahaan importir, serta mengecek dokumennya.

“Satgas Pangan mengecek ketersediaan bawang putih melalui impor sebanyak 100.000 ton di enam perusahan importir bersama Kementan dan dicek seluruh dokumennya,” ungkap Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019).

“Juga mengecek timeline-nya sehingga diharapkan pada saat kebutuhan masyarakat terhadap bawang putih meningkat, harga masih stabil dan disesuaikan masa panen di Indonesia,” sambung Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Bahan pokok lain yang turut masuk dalam daftar pamantauan Satgas Pangan Polri adalah ayam petelor dan harga anak ayam.
Menurutnya, dari hasil peninjauan, harga anak ayam telah turun menjadi Rp 5.800 dari Rp 6.000 per ekor. Dengan begitu, harga ayam ras broiler (ayam pedaging) diharapkan masih terjangkau .

“Kalau harga stabil gini maka harga ayam broiler nantinya ketika panen itu diperkirakan per kilonya berkisar antara Rp 18.000, sehingga peternak tidak mengalami kerugian dan harga masih terjangkau konsumen,” tutur mantan Wakapolda Kalteng tersebut.

Mantan Kapolres Ponorogo ini mengatakan bahwa Satgas Pangan berencana menggelar operasi pasar cadangan beras pemerintah. Sementara untuk mengawasi distribusi bahan pokok beras, satgas berkoordinasi dengan Bulog.

“Kemudian berkoordinasi dengan Bulog terkait rencana operasi pasar cadangan pemerintah yang berasal dari impor, yang merupakan stok beras nasional,” jelas mantan Kapolres Lumajang tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password