Pasca Pemilu 2019, Kabidhumas Polda Babel Ingatkan untuk Waspada Terhadap Hoax

Tribratanews.polri.go.id – Pangkal Pinang. Pasca Pemilu 2019, Dunia Maya Banyak Munculkan Informasi dan Berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “Hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah

Kabid Humas Polda Kep. Babel AKBP Drs. A. Maladi menjelaskan “Hoax atau Berita bohong masih beredar secara liar, Persebaran hoax itu berkembang tak terbendung seiring pertumbuhan media informasi. Hal itu beriringan dengan kebebasan setiap orang untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi, sesuai dengan pasal 28F UUD 1945,” jelasnya, Kamis (25/4/19).

Kabidhumas juga mengatakan “Kami ingatkan kembali bahwa setiap aktivitas kita di ruang siber, termasuk aktivitas mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya Informasi hoaks diatur dengan UU RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE),” jelas Kabidhumas.

Kabidhumas juga menambahkan bahwa “Sesuai UU ITE tersebut, Jika terbukti bisa diancaman pidana paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000 (Satu Milyar Rupiah), tegas AKBP Maladi.

Kabidhumas berharap “Masyarakat Bangka Belitung untuk mensukseskan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk dengan tidak melakukan ujaran kebencian, tidak menyebarkan berita-berita hoax dan menjaga situasi kamtibmas,” tutup Kabidhumas.

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password