Polda Metro Jaya Antisipasi Potensi Kerawanan Tahapan Penghitungan Suara

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya bersinergi untuk mengantisipasi kerawanan demi terciptanya situasi aman dan kondusif dalam tahapan pengitungan suara Pemilu 2019.

 

“Sampai sekarang belum ada ancaman-ancaman tersebut. Kami terus melakukan deteksi dini dan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menciptakan suasana yang kondusif,” terang Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono, di Jakarta, Jumat (25/04/19).

 

Kapolda menjelaskan, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya telah menyiapkan langkah-langkah pengamanan. Untuk pelibatan atau penggunaan personel tergantung pada potensi kerawanan yang terjadi.

 

“Pengunaan personel kita lihat dari potensi kerawanannnya. Kalau kerawanannya kecil, tentu jumlah personelnya tidak banyak. Kalau jumlah kerawanannya, spektrumnya dapat menganggu situasi keamanan, kita akan pertebal kekuatan. Dalam menghadapi ancaman skalanya ringan mungkin kita dengan pasukan yang minimal, kalau mulai naik kita mulai pertebal, naik lagi kita akan all out dengan sejumlah kekuatan kita yang ada, baik itu personel atau pun kekuatan kita yang ada,” tegas Kapolda.

 

Selanjutnya, Kapolda mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berbeda pilihan pada saat Pemilu agar kembali bersatu. Apabila ada permasalahan, dapat diselesaikan melalui jalur hukum yang berlaku.

 

Kapolda juga mengatakan bahwa tindakan inkonstitusional dilarang oleh peraturan dan undang-undang.

 

“Bila itu terjadi, kita tentu harus mengambil langkah-langkah tegas, dalam artian sesuai ketentuan-ketentuan yang kita miliki. Kita mengimbau semuanya, walaupun situasi panas, tapi semua disikapi dengan kepala yang dingin. Kita semua dewasa lah dalam demokrasi,” imbau Kapolda.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password