Peneliti LIPI Apresiasi Program Pemberdayaan Masyarakat oleh Polri di Papua

Tribratanews.polri.go.id – Lanny Jaya. Prof. Dr. H. Hermawan Sulistyo MA, seorang Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyampaikan apresiasinya pada program Binmas Noken Polri saat menyaksikan secara langsung program positif tersebut di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Kamis (25/04/2019).

Peneliti LIPI tersebut menjelaskan bahwa program Binmas Noken Polri merupakan perpaduan antara Binmas sebagai fungsi operasional pada Polri serta Noken yang merupakan tas tradisional asal Papua yang merupakan simbol martabat dan peradaban serta kehidupan.

Menurut Prof. Dr. Hermawan bahwa Binmas Noken Polri dapat dimaknai sebagai operasi kepolisian yang mengangkat harkat dan martabat kehidupan masyarakat dan rakyat Papua.

“Tugas utama Binmas Noken Polri adalah menjalankan misi atau operasi kepolisian yang bersifat kemanusiaan atau soft approach policing di wilayah Pegunungan Tengah Papua,” jelas Peniliti LIPI.

Pria lulusan Arizona State University tersebut menambahkan bahwa program yang dilaksanakan adalah pendidikan, pertanian, perkebunan, peternakan dan pengembangan pariwisata serta pemberdayaan mama-mama Papua.

“Khususnya di Kabupaten Lanny Jaya Sendiri, Binmas Noken Polri telah mengembangkan perkebunan kopi, peternakan ternak babi dan kelinci, kami telah meninjau dan melihat langsung dan hasilnya, masyarakat sangat antusias dan menyambut baik kehadiran Binmas Noken Polri,” pungkasnya.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password