Wakapolda Riau Pimpin Rapat Kesiapan Pemungutan Suara Ulang dan Pemungutan Suara Lanjutan yang Dihadiri KPU dan Bawaslu

Tribratanews.polri.go.id – Pekanbaru. Wakapolda Riau Brigjen Polisi Drs. Wahyu Widada M.Phil memimpin rapat koordinasi terkait kesiapan pemungutan suara ulang (PSU) dan Pemungutan suara lanjutan (PSL) Pemilu 2019 dan dihadiri juga oleh Kasi Ops Korem 031 / WB, Pejabat Utama Polda Riau, Komisioner KPU Provinsi Riau, Komisioner Bawaslu Provinsi Riau serta para kapolres jajaran Polda Riau, Rabu (24/4/19).

Wakapolda menyampaikan kepada KPU Provinsi Riau harus melakukan klarifikasi dan mendukung KPU Kabupaten / Kota yang tidak menyetujui peraturan dalam pengadaan surat suara dan pendistribusiannya ke TPS-TPS, jangan pernah minta surat suara. KPU agar dapat disetujui untuk kesiapan KPPS dan anggota PPS dalam pelaksanaan PSU dan PSL karena akan banyak masyarakat yang akan menyaksikan.

Dalam peralihan logistik juga, agar KPU dapat memindahkan segera agar kita dapat mengawalinya dengan baik, memulihkan agar kesiapan petugas PPS untuk lebih disiplin.

Wakapolda juga berpesan, semoga pelaksanaan PSU dan PSL ini nanti dapat berjalan dengan lancar tanpa ada masalah yang timbul.

Komisioner KPU juga ikut menyampaikan bahwa kekurangan surat suara tidak hanya terjadi pada suray suara presiden, tetapi untuk 5 jenis surat suara ini berfariasi di setiap kabupaten kota. PSU sebanyak 30 dan PSL sebanyak 32 se-Prov Riau, pelaksanaan ini bisa seluruhnya terdiri dari surat suara dan bisa juga disurat suara yang terganggu saja.

Komisioner Bawaslu menyampaikan bahwa lahirnya PSU dan PSL berdasarkan ketentuan pasal 372 dan 374 UU Pemilu berawal dari penilaian Bawaslu berjenjang dari tingkat provinsi hingga tingkat kecamatan hingga tingkat TPS berdasarkan pengawas TPS apakah diulang atau dilanjut.

Karo Ops juga menyampaikan tentang kesiapan Polda Riau dan jajaran dalam pengamanan PSU dan PSL. Untuk wilayah yang melaksanakan PSU dan PSL ada 4 satwil (Pekanbaru, Bengkalis, Pelalawan dan Inhil) sedangkan yang melaksanakan PSU saja ada 8 Satwil (Pekanbaru, Dumai, Rohil, Bengkalis, Pelalawan, Inhil, Inhu, dan Meranti), sedangkan yang melaksanakan PSL ada 6 satwil (Pekanbaru, Pelalawan, Kampar, Bengkalis, Inhil, dan Kuansing).

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password