Polda Metro Jaya Kembali Panggil Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Indonesia

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kembali memanggil Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Indonesia dengan inisial AF, untuk melanjutkan penyidikan terkait dugaan korupsi dalam kegiatan tersebut.

 

“Iya kita agendakan pemeriksaan untuk AF hari ini pukul 10.00 WIB,” terang Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Bhakti Suhendrawan, Rabu (24/04/19).

 

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya juga telah memanggil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pemuda Muhammadiyah (PB) dan Sekretaris Pemuda Muhammadiyah (FA). Namun, keduanya mangkir dari panggilan.

 

Pada acara Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017 silam ada dua organisasi kemasyarakatan yang menerima dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan total Rp 5 miliar guna pelaksanaan kegiatan tersebut yakni, Pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda Ansor.

 

Berdasarkan penelusuran laporan pertanggungjawaban GP Ansor tidak ditemukan penyimpangan. Sementara dalam laporan pertanggungjawaban Pemuda Muhammadiyah diduga terdapat penggunaan dana fiktif sebesar kurang dari setengah anggaran.

Diduga ada kerugian negara dalam Kemah Apel Pemuda Islam Indonesia 2017. Kasus ini dilaporkan sejumlah pihak yang mengetahui secara langsung penggunaan anggaran tersebut.

Telah dilakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi yang berasal dari Kemenpora hingga pengurus PP Pemuda Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah kala itu (DAS) diketahui juga sudah dua kali diperiksa dan diketahui telah mengembalikan dana sebesar Rp 2 miliar kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) selaku pihak penyelenggara acara Kemah Pemuda Islam.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password