Tim Siber Polda Sumsel Antisipasi Penyebaran Informasi Provokatif

Tribratanews.polri.go.idPalembang. Tim siber Polda Sumatera Selatan meningkatkan kegiatan patroli di dunia maya untuk mengantisipasi penyebaran informasi provokatif dan bohong (hoaks) yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pascapelaksanaan pemungutan suara Pemilu 17 April 2019.

Melalui peningkatan patroli siber diharapkan dapat dicegah beredarnya informasi provokatif dan bohong di media sosial/daring yang dapat mengganggu proses rekapitulasi dan penetapan pemenang Pemilu, kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi di Palembang, Sabtu.

Berdasarkan kegiatan patroli siber dalam sebulan terakhir, pihaknya belum menemukan akun media sosial milik masyarakat provinsi setempat berisi informasi provokatif dan hoaks yang bisa memperkeruh suasana setelah pelaksanaan pemungutan suara.

“Tim siber yang melakukan patroli media sosial sebelum pelaksanaan Pemilu hingga masa rekapitulasi/penghitungan suara sekarang ini belum menemukan akun media sosial milik masyarakat setempat yang provokatif,” jelas Kombes Pol. Supriadi.

Pasca berlangsungnya hitung cepat hasil Pemilu oleh beberapa lembaga survei, berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Divisi Humas Polri ada 20 akun media sosial yang berisi informasi provokatif.

Untuk mencegah dan menertibkan akun media sosial provokatif, pihaknya bersama tim siber jajaran Polda Sumsel di 17 kabupaten dan kota berupaya meningkatkan patroli siber di dunia maya.

Tim siber jajaran Polda Sumsel berupaya meningkatkan patroli di dunia maya untuk mencegah penyebaran berita bohong atau hoaks, fitnah, ujaran kebencian, dan provokatif pada masa rekapitulasi hasil pemungutan suara dan menunggu penetapan pemenang Pemilu 2019.

“Penyebaran informasi provokatif dan yang bersifat negatif merupakan perbuatan pidana sebagaimana diatur dalam pasal 28 UU Nomor 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” tutup Kabid Humas Polda Sumsel.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password