Pilpres 2019 di Papua : Kabid Humas Polda Papua, Jangan Terprovokasi Oleh Isu Dan Berita Hoaks

Tribratanews.polri.go.id – Papua. Sebagai Narasumber Dialog Interaktif, Kabid Humas Polda Papua Menghadiri Dialog Para-para Kita, Dengan Tema “Mengawal tahapan Pemilu Aman dan Damai” bertempat di Hotel Horizon Jayapura, Sabtu (20/4/19).

Turut Hadir Sekaligus Sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Kapendam XVII/Cenderawasih Kol Ifn Andi M. Aidi dan anggota FKUB Provinsi Papua Pdt. Mathan Ayor Baba.

Kabid Humas Polda Papua dalam kesempatannya menyampaikan dalam proses pengamanan tentunya ada beberapa tahapan, saat ini adalah tahap rekapitulasi di tingkat PPK (Distrik). Pada tanggal 17/4 kemarin pihak TNI- Polri bersama- sama melakukan pengamanan di TPS-TPS, kemudian saat ini sudah 80% dan sudah sampai ke tingkat PPK untuk dilakukan rekapitulasi di tingkat PPK selanjutnya akan dikirim ke KPUD Kabupaten direkap secara komulatif dan di bawa ke tingkat Provinsi.

“Terkait kekuatan keamanan pasukan yang ada di Polda Papua sekitar 7000 personil, yang di back up oleh TNI yang ada di Papua. Untuk situasi, atas kerjasama seluruh pihak mulai dari tokoh agama, masyarakat dan kebersamaan  TNI- Polri yang telah membangun sinergitas sejak awal sebelum tahapan-tahapan pemilu. Bahkan di tanggal 11 April kemarin juga telah melakukan doa bersama seluruh tokoh agama, KPU, dan Bawaslu dalam doa bersama tersebut untuk terciptanya pemilu yang aman dan harmonis,” ucap Kabid Humas.

Hal yang Sama Disampaikan Oleh Kapendam XVII/Cenderawasih yaitu bahwa persoalan keamanan bukan tanggung jawab keamanan saja melainkan tanggung jawab seluruh masyarakat.  Mari seluruh masyarakat dapat melihat lagi dengan jeli untuk menilai suatu masalah.

Pada Kesempatan yang Sama, Anggota FKUB mengatakan kami, FKUB terus mendukung KPU dan Bawaslu higga selesai. Kemudian kita doakan agar semua berjalan dengan baik, berikut masyarakat yang sudah memilih, kami mengharapkan semua mendukung higga bisa berlangsung selesai dan tidak membuat gangguan. Menyangkut keamanan kami terus berdoa agar TNI- Polri dapat menjaga keamanan di Tanah Papua hingga kami juga seluruh masyarakat dapat hasil yang baik, demokratis dan sukacita.

Lagi, Tidak lupa juga kami sampaikan kepada seluruh umat yang ada di Tanah Papua agar bisa menahan diri higga menunggu hasil penghitungan yang sah, yang mana akan diumumkan oleh KPU, jangan mudah terprovokasi dengan berita hoax yang dapat menimbulkan potensi-potensi yang tidak diinginkan, akan tetapi marilah kita mendukung TNI-Polri dalam menjaga kamtibmas sehingga proses demi proses pentahapan Pemilu ini dapat berlangsung aman dan damai.

Diakhir kegiatan Kabid Humas Polda Papua mengatakan proses demokrasi masih berlangsung, sekarang ini masih dalam tahapan penghitungan, untuk itu kami menghimbau kepada seluruh komponen dan masyarakat yang ada di Tanah Papua agar dapat menahan diri  hingga menunggu hasil yang akan diumumkan oleh KPU dan juga kepada calon wakil rakyat yang nantinya tidak lolos dalam pemilihan, dapat menerima dengan baik dan tidak melakukan hal -hal yang melawan hukum karena hal tersebut dapat merugikan kita sendiri.

“Terkait dengan Media Sosial untuk tidak melakukan Postingan-postingan yang mencederai serta melanggar hukum dan saat ini juga kami pihak Polda Papua terus dan terus melakukan pemantauan melalui Tim Siber, apabila ditemukan hal-hal ataupun postingan hingga meme akan kami lakukan tindakan hukum sesuai UU ITE. Untuk itu kami ingatkan kembali agar seluruh masyarakat dapat kiranya menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas di Tanah Papua ini guna terciptanya pemilu yang aman, damai dan sejuk, serta membangun Papua yang maju dan hebat,” tutup Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.

(js/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password