Pilpres 2019 di Papua : Pendistribusian dan Pengamanan Pemilu 2019 di Kab. Intan Jaya

Tribratanews.polri.go.id – Papua.  Polda Papua – Kompol Bernadus Belelen Saya Selaku Perwira Pengendali (Padal) Serpas Polda Papua Mengambil Apel Pengecekan dan Pengamanan Pemilu 2019 Anggota di Kantor KPU Kab. Intan Jaya, Rabu (17/04/19).

Dalam arahannya Padal menyampaikan agar anggota mampu mengendalikan diri dan tidak terpancing dengan situasi yang berkembang di lapangan, selain itu diharapkan anggota menjaga keselamatan bersama dalam pelaksanaan tugas serta meningkatkan kewaspadaan.

Kondisi Medan yang sangat sulit membuat Kompol Bernadus bersama Anggota berjalan kaki menuju ke Kantor KPU untuk melakukan Pengecekan dan Pengawalan Pendistribusian Logistik Pemilu, Setelah tiba Padal langsung membagi tugas anggota untuk melakukan pengamanan pendistribusian logistik yang akan bergeser ke TPS masing-masing.

Situasi di lapangan sempat memanas dikarenakan protes yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yang menolak untuk mendistribusikan logistik ke TPS, hal ini disebabkan oleh tidak adanya berita acara dan stempel.

Untuk meredahkan situasi yang terjadi Bupati bersama Pihak KPU dan Panwaslu Kabupaten Intan Jaya melakukan negosiasi bersama masyarakat calon pemilih yang berada di Kantor KPU.

Adapun penyampaian Bupati Intan Jaya yaitu “Kita semua harus sabar, kami bersama KPU dan Bawaslu sudah membicarakan segala sesuatunya agar bisa terselesaikan dan berjalan dengan lancar,”.

Penyampai dari pihak Panwaslu Kabupaten Intan Jaya “Mengenai keterlambatan surat berita acara dan stempel ini bukanlah suatu unsur kesengejaan melainkan kesalahan dari pihak ketiga yaitu KPU, tetapi kami sudah membeicarakan bersama Bupati, pihak KPU dan pihak keamanan untuk logistik hari ini harus sudah didistribusikan. Terkait kondisi ini Bawaslu merekomendasikan 6 Distrik melakukan pencoblosan susulan (besok hari Kamis, 18 April 2019), jangan sampai jadi temuan jika logistik masih berada di sini (Belum didistribusikan),”

Penyampaian pihak KPU Kabupaten Intan Jaya “Mengenai keterlambatan dan pendistribusian logistik tadi sudah disampaikan dari pihak Panwaslu Kabupaten. Soal surat berita acara, stempel dan lain-lain merupakan kelalaian pihak ketiga KPU (kontraktor) sehingga dalam hal ini kami mengupayakan agar surat berita acara dan stempel bisa sampai di sini hari ini atau paling lambat besok (hari Kamis ,18 April 2019). Namun logistik hari ini akan tetap kami distribusikan ke setiap TPS yang ada di Kabupaten Intan Jaya,”.

Setelah dilakukan koordinasi antara Bupati Intan Jaya, KPU dan Bawaslu kemudian diberikan pemahaman kepada masyarakat barulah logistik bisa didistribusikan ke setiap TPS yang berlangsung sampai pukul 17:00 WIT.

Namun ada 1 Distrik yang belum bisa didistribusikan Logistiknya yaitu Distrik Tomosiga, karena harus menempuh jalur udara menggunakan Helikopter dan terkendala oleh faktor cuaca. Logistik tersebut rencananya akan didistribusikan besok pada hari Kamis, 18 April 2019.

jumlah keseluruhan DPT Kabupaten Intan Jaya sebanyak 85.340 orang.

(js/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password