Pantau TPS, Kapolda : Pemilu di Kalimantan Barat Aman

Tribratanews.polri.go.id, Pontianak – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Drs Didi Haryono SH MH memastikan pelaksanaan pemilu di Kalbar berlangsung aman dan damai, Rabu (17/4/2019). Kepastian ini disampaikannya usai patroli bersepeda motor peninjauan kesejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di wilayah Kota Pontianak bersama Panglima Komando Daerah XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab.

“Kami baru saja melakukan peninjauan terhadap 5 TPS di wilayah Kota Pontianak, dua diantaranya yang berada di dua lokasi Lembaga Permasyarakatan kelas IIA Pontianak. Pada dasarnya, situasi Kalbar khususnya Kota Pontianak hingga saat ini aman dan kondusif. Masyarakat merasa aman, senang, dan tenang karena TNI, Polri mengawal seluruh masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Drs Didi Haryono SH MH di sela pengecekan pengamanan pemungutan suara di TPS 76 jalan Gajahmada Pontianak.

Menurutnya mulai dari proses distribusi logistik semuanya lancar tanpa ada kendala. Sepanjang hari ini juga tidak ada permasalahan.

“Semuanya aman. Masyarakat pun terlihat antusias dalam menggunakan hak pilihnya menyalurkan hak suaranya, masyarakat merasa puas karena TNI dan Polri menjamin keamanan bagi seluruh masyarakat, “ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Drs Didi Haryono SH MH

Untuk pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden ini, Polda Kalbar menerjunkan 12.776 personil Polri dan TNI. Serta dari unsur Linmas sebanyak 32.998 personel yang tersebar di 16.499 TPS.

“Kami yakin kita semua sanggup mensukseskan Pemilu 2019. Kami apresiasi masyarakat yang cukup antusias, semoga sampai perhitungan semuanya lancar,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Drs Didi Haryono SH MH.

Berkaitan dengan perolehan suara menggunakan metode “Quick Count” atau proses hitung cepat, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Drs Didi Haryono SH MH mengimbau agar masyarakat tetap tenang menunggu hasil resmi perhitungan suara dari KPU.

“Mari kita tunggu hasil perolehan suara. Hasil “real” perhitungan suara yang akan disampaikan oleh KPU, jangan bereforia berlebihan. Kita semua sama, sama-sama masyarakat dan bangsa Indonesia,” kata Inspektur Jenderal Drs Didi Haryono SH MH.

Untuk informasi, dalam kegiatan itu hadir juga Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Dra Sri Handayani, Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal XII) Pontianak Laksma TNI Gregorius Agung W D M.Tr (Han), Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, Walikota Pontianak Ir. H. Edy Kamtono. MM. MT serta pejabat Kodam XII/Tpr dan Pejabat utama Polda Kalbar.  (Cs/Sw/Hy).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password