Polri Imbau Kedua Timses Tak Mobilisasi Massa Setelah Quick Count

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Polisi mengimbau kedua tim sukses Pasangan Calon Presiden, tidak memobilisasi massa pasca penghitungan suara cepat (quick count). Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menegaskan, Polri tidak akan memberikan rekomendasi terhadap masyarakat yang meminta izin dalam rangka memobilisasi massa untuk merayakan kemenangan secara awal karena hasil hitung cepat.

 

Polri mengimbau masyarakat untuk bersabar menunggu proses penghitungan suara secara final dan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Polri juga mengimbau masyarakat tidak konvoi karena sangat rawan akan provokasi dan konflik.

Apabila ada unsur pidana dalam mobilisasi massa, Kepolisian tidak segan untuk melakukan penindakan tegas. Adapun Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan aturan di Undang-undang Pemilu bahwa hasil quick count baru bisa dipublikasikan dua jam setelah pemungutan suara di zona Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) berakhir. Pemilihan di wilayah Indonesia bagian barat sendiri baru berakhir pukul 13.00 WIB. Artinya, quick count baru bisa dipublikasikan pukul 15.00 WIB.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password