Polri Jelaskan Situasi Jelang Pencoblosan Relatif Aman, Ini Indikator Penilaiannya

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., menjelaskan, situasi keamanan dari masa kampanye hingga jelang pencoblosan pemilu 2019 berjalan aman. Bahkan, beberapa gangguan keamanan di daerah dinilai tidak signifikan.

“Secara umum sampai hari ini selama masa kampanye enam bulan itu tidak terjadi gangguan signifikan. Ada beberapa dinamika seperti di Jateng, Jogja dan ada penindakan operasi teror di Sumut dan di Jabar dapat ditangani baik,” jelas Kapolri saat di Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan di, Jakarta Pusat, Senin (15/4/19).

Kapolri menjelasn, situasi aman ditandai dengan beberapa indikator salah satunya semua kegiatan pemerintah dan masyarakat lancar. Kemudian, dari data yang diterima tidak terjadinya perpindahan atau mobilitas masyarakat yang berlebihan keluar negeri.

“Sampai saat ini data normal masuk dan keluar. Bahkan datanya banyak yang masuk dari tanggal 11-17 dan juga ditandai dengan harga tiket keluar negeri relatif sama. Ini menunjukan bahwa situasi relatif aman,” jelas Mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Jenderal Bintang Empat itu pun juga menegaskan, pihaknya bersama aparat keamanan lainnya siap menjamin keamanan masyarakat untuk menyampaikan hak memilih pada hari pencoblosan tanggal 17 April mendatang.

“Kami memberikan jaminan keamanan bahwa di hari-H kita siap, termasuk perhitungan suara,” tegas Kapolri.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password