Bareskrim Polri Koordinasi dengan PDRM terkait Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. mengatakan Bareskrim Polri sudah koordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM), Polri masih menunggu PDRM mengumumkan hasil investigasi surat suara yang telah tercoblos di negeri jiran itu.

“Coba besok koordinasi dengan staf KBRI saja dulu. Soalnya itu ranahnya PDRM karena yuridiksi mereka,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri, Minggu (14/4/19).

Mantan Wakapolda Kalteng ini menyebut bahwa tim Bareskrim Polri sudah berkoordinasi dengan PDRM mengenai kasus surat suara yang telah tercoblos tersebut. Proses investigasi pun masih berlanjut, sehingga kita masih menunggu PDRM mengumumkan hasil investigasinya.

“Baru besok akan dibuat suatu kesimpulan sementara hasil pemeriksaan para pihak kemudian analisa barang bukti yang ditemukan di lapangan,” ucap Karo Penmas Divhumas Polri.

Selain itu, Karo Penmas menjelaskan, polisi akan meminta keterangan kepada semua pihak yang mengetahui kejadian tersebut. Termasuk Calon DPR RI yang terkait dengan surat suara tercobos di Malaysia.

” belum, tapi para pihak yang mengetahui peristiwa itu akan dimintai keterangan oleh tim investigasi,” tutur Jenderal Bintang Satu tersebut, Minggu (14/4/2019).

Sebelumnya Polri telah menggelar rapat bersama Polis Diraja Malaysia untuk menindaklanjuti kejadian ini. Rapat dihadiri Liaison officer (LO), staf Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI), Komisi Pemilihan Umum, dan Badan Pengawas Pemilu.

“Kami baru melaksanakan rapat gabungan untuk membahas secara komprehensif kejadian surat suara yang telah tercoblos  tersebut,” ungkap mantan Karo SDM Polda Kalteng tersebut di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Warganet sebelumnya dihebohkan dengan beredarnya video viral surat suara untuk Pilpres 2019 yang telah tercoblos pada gambar Capres nomor urut 01. Video berdurasi singkat tersebut yang menampilkan masyarakat setempat menggerebek sebuah ruko kosong yang disebutkan berada di kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia.

Di dalam ruko itu ditemukan sejumlah kantong berisi surat suara yang diduga sudah dicoblos untuk pemilihan presiden pasangan tertentu.

Tidak hanya itu ditemukan juga surat suara yang tercoblos untuk beberapa nama calon anggota legislatif dari partai politik tertentu.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password