Kapolda Malut Pimpin Apel Pergeseran Pasukan BKO Jelang Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2019.

Tribratanews.polri.go.idTernate . Apel pergeseran pasukan dan BKO ke wilayah tahap pemungutan/perhitungan suara pemilu tahun 2019 Polda Maluku Utara yang dilaksanakan di JL. Pahlawan Revolusi Ternate dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto M.Si, dan  Danrem 152/Babullah Ternate Kolonel Inf.Endro Satoto,S.I.P.,M.M., Sabtu

Polda Maluku Utara melibatkan 3.5007 personil, yakni Pam TPS berjumlah 2.178 personil diantaranya 416 BKO dari Polda, siaga pasukan Dalmas pada 5 Polres sebanyak 218 peronil dan siaga PHH Brimob untuk 10 Kabupaten/Kota sebanyak 364 Personil. Sedangkan sisanya untuk disiagakan dalam bentuk satgas Operasi Mantab Brata. Polda Maluku Utara juga mendapatkan Back Up dari personil TNI sebanyak 400 Personil yang ditempatkan pada 10 Kabupaten/Kota di Maluku Utara.

Kapolda Malut Brigjen Pol. Drs. Suroto M.Si, dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pemilu tahun 2019 berbeda dengan pemilu tahun sebelumnya. Pemilu Presiden dan wakil presiden dan pemilu legislative dilaksanakan secara serentak. Pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena pertama kalinya pileg dan pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas Parlement/Parliamentary Threshold sebesar 4%. Kondisi ini akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya.

Kapolda juga menegaskan bahwa tugas pengamanan pemilu serentak tahun 2019 ini adalah kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun, sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan pahala dari tuhan yang maha esa apabila kita melaksanakan tugas ini dengan tulus, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Apel pergeseran yang dilaksanakan ini untuk membantu polres jajaran untuk mengamankan jalanya pemungutan suara,penghitungan suara sampai pada Pleno KPUD Kabupaten/Kota.

“tugas saudara adalah membantu satuan kewilayahan dalam rangka pengamanan pemilu serentak tahun 2019. Laksanakan tugas ini secara profesional, ikhlas dan penuh tanggung jawab. Kawal dan pastikan kegiatan pemungutan suara berjalan dengan baik, aman,lancar, damai dan sejuk. Jangan sampai kehadiran saudara di kewilayahan menjadi beban kewilayahan. untuk itu diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal demi menyukseskan pemilu serentak tahun 2019”,ujar Kapolda.

 

Py/sw/hy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password