Polri dan PDRM Selidiki Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polri sedang berkoordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) dalam melakukan penyelidikan atas dugaan surat suara tercoblos di Malaysia. Dengan melakukan tindakan seperti mengantar dan mendampingi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengecek lokasi kejadian.

 

“Sekaligus melihat dokumen-dokumen dan berkoordinasi dengan PDRM,” terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Sabtu (13/04/19).

 

Selanjutnya, Polri bersama PDRM, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan KPU akan menggelar rapat bersama. Namun demikian, Bawaslu tetap menjadi leading sector dalam pengusutan kasus ini. Hasil temuan nantinya akan disampaikan secara resmi oleh Bawaslu.

 

“Mereka yang akan menilai apakah kasus ini masuk dalam pelanggaran Pemilu, pidana Pemilu atau pidana umum,” ucap Karo Penmas.

 

Sebelumnya, beredar di media sosial beredar video penggerebekan sebuah lokasi di Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia, menyimpan surat suara yang telah tercoblos.

 

Dalam video berdurasi 5:04 menit tersebut tampak beberapa orang memegang kertas suara, juga menunjukkan itu benar kertas suara yang bergambar pasangan calon presiden-wakil presiden.

 

Sebagian dari mereka juga menunjukkan surat suara calon anggota legislatif daerah pemilihan Jakarta II (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri) yang juga sudah tercoblos.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password