Kapolda Minta KPU Percepat Distribusi Logistik ke Daerah Terpencil

Tribratabews.polri.go.id – Serang. Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir meminta KPU Banten mempertimbangkan untuk mempercepat pengiriman surat suara ke pulau-pulau terluar di Banten.

 

Kapolda mengatakan “TPS pulau ini kami berharap lebih awal karena khawatir ada faktor cuaca dan harus diperhitungkan dan juga lokasi TPS yang jauh itu juga sangat berkaitan dengan curah hujan,” jelas Kapolda, Jumat (12/4/19).

 

Kapolda juga mengatakan pertimbangan ini harus dipikirkan karena terkait risiko jika ada keterlambatan pengiriman surat suara di TPS. Selain itu, cuaca yang tak menentu bisa menjadi kendala pengiriman logistik. Karena itu, KPU diminta berkoordinasi dengan kepolisian terkait jumlah TPS terluar. Dengan itu, kepolisian akan menyediakan pengawalan, termasuk kapal patroli. “Jadi untuk pulau, kita menyiapkan kapal patroli kita. Kapal kita cukup dengan jumlah 19 (orang) itu cukup untuk pengawalan,” jelasnya.

 

Selain itu, Kapolda juga memberi catatan terkait lokasi gudang surat suara di tingkat PPK. Katanya, lokasi penyimpanan dan penataannya agar tidak terlalu jauh dan mudah untuk diakses saat penghitungan di tingkat kecamatan. Ini untuk menghindari potensi penyimpangan dan kesulitan saat terjadi penghitungan suara.

 

Kapolda memastikan Kepolisian akan menempatkan 90-100 personel polisi dan TNI yang menjaga di tingkat PPK. Khususnya untuk pengamanan gudang surat suara.

 

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon juga menambahkan logistik pemilu akan dikirim serentak pada H-2 dari tingkat PPK ke PPS. Untuk lokasi terluar dan pulau-pulau, pengiriman logistik akan dipercepat untuk mempertimbangkan letak geografis dan cuaca. “Daerah tertentu mungkin H-3, seperti di Lebak dan Pandeglang. Tapi kita pastikan pergeseran ada pengawalan dari polisi,” jelasnya.

 

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password