Polda Kalbar Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2019

Tribratanews.polri.go.id – Pontianak. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono, M.M., dan Pangdam XII Tanjung Pura Mayjen TNI Herman Asaribab memimpin apel gelar pasukan kesiapan pengamanan Pemilu 2019 di kawasan Taman Alun-alun Kapuas Pontianak, Jumat(12/4/19).

Kegiatan apel gelar pasukan kesiapan pengamanan Pemilu 2019 tersebut telah melibatkan Polda Kalbar dan jajaran, Kodam XII Tanjungpura dan jajaran, Lantamal XII Pontianak dan Lanud Supadio Pontianak.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalbar mengatakan bahwa gelar pasukan kesiapan pengamanan Pemilu 2019 ini merupakan konsolidasi kesiapan akhir pengaman Pemilu di tahun 2019.Dari pihak kepolisian setidaknya akan mengerahkan sebanyak 12.776 porsenil yang akan disebar di 16499 tempat pemungutan suara (TPS).

“Tentunya pelaksanaan apel ini memberikan suatu momentum kepada seluruh warga masyarakat Kalbar yakni untuk jangan ada yang ragu-ragu lagi, jangan ada yang golput. Jadi hari Rabu tanggal 17 April 2019 nanti, ramai-ramai datang ke TPS tersebut, kami jamin, kita semua jamin aman. Apabila dalam pelaksanaan pemilu nanti, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihaknya siap mendukung pihak kepolisian dalam pengamanan,” tambah Kapolda Kalbar.

Sementara itu, Pangdam XII Tanjungpura juga menuturkan apel ini sebetulnya sudah empat kali dilaksanakan, dalam rangka gelar pasukan dalam pengamanan pemilu, baik di pilpres dan legislatif. Dalam apel gelar pasukan kesiapan ini, pasukan TNI khususnya di Kalimantan Barat, kurang-lebih 6.800 personel untuk mendukung kegiatan pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019. Hal ini patut dilakukan, supaya hak demokrasi serta hak politik warga masyarakat, utamanya di wilayah Kalbar dapat tersalurkan serta dapat memberikan momentum demokrasi yang sejati.

Selanjutnya, Pangdam XII/Tpr bersama Kapolda Kalbar didampingi Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang akan dikerahkan dalam pengamanan Pemilu nanti. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan patroli bersama TNI dan Polri, di mana dalam pelepasannya dilakukan langsung oleh Pangdam XII Tanjungpura dan Kapolda Kalbar.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password