5.700 Personel Polda NTB Disebar untuk Amankan Pemilu 2019

Tribratanews.polri.go.id-Mataram.

Apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, berlangsung di Lapangan Gajah Mada Mapolda NTB.

Sebanyak 5.700 personel Polri Polda NTB disebar diseluruh wilayah kabupaten/kota se-Nusa Tenggara Barat dalam rangka mengamankan pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu serentak 17 April 2019.

Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol. Drs. Achmat Juri, M.Hum menegaskan apel pergeseran pasukan ini, merupakan bentuk tanggungjawab Polri atas kepercayaan yang telah diberikan oleh negara dan rakyat Indonesia kepada Polri, guna memberikan jaminan rasa aman dan ketertiban demi suksesnya pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019.

“Sekarang kita sudah memasuki ujung kampanye dan kini akan memasuki masa tenang ke tahap pemungutan suara dan tahap perhitungan suara serta pengawalan kotak suara dan suara hasil pemilihan ke tahapan-tahapan berikutnya sampai ke KPU masing-masing,” ucap Kapolda NTB.

Jenderal bintang dua tersebut menegaskan, tahapan-tahapan itu harus dikawal dengan kesungguhan dan keikhlasan hati.
Seluruh anggota yang disebar akan ditempatkan di lokasi tugas masing-masing selama 8 hingga 10 hari.

Para personil sebagian besar akan di tempatkan di seluruh TPS dan atau diperbantunkan sebagai piket fungsi serta di mako-mako Polres untuk mempertebal pasukan.

“Saya minta seluruh personil dapat melakukan koordinasi dengan Kapolres setempat dan dengan Babhinkamtibmas serta Babinsa yang ada di wilayah tugas masing-masing,” tegas Kapolda NTB.

Menurut Kapolda NTB, pemilu kali ini merupakan momentum yang berbeda dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Pemilu 2019 secara kwantitatif jumlah pemilihnya meningkat yang mencapai 3.667.775 orang. Termasuk jumlah TPSnya meningkat mencapai 100 persen dibandingkan pemilu tahun sebelumnya.

“Ini yang harus betul betul kita jaga dan amankan, agar pelaksanaan pemungutan suara di semua TPS yang mencapai 15.989 TPS yang tersebar di Kabupaten/Kota di NTB dapat berjalan lancar, man dan sukses ,” jelas Kapolda NTB.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password