Polisi Tangkap Pasutri Pembobol ATM di Madiun

Tribratanews.polri.go.id – Madiun. Sepasang suami istri yang melakukan pencurian ATM yang bertempat di Jalan Raya Madiun – Surabaya, Kelurahan Nglames, Kabupaten Madiun, jawa Timur berhasil ditangkap personel Polres Madiun, Kamis (11/04/2019)

 

Kedua tersangka dengan inisial RD (37), laki-laki warga Desa Tanjungan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, dan istrinya MJ warga Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung. Mereka diketahui sudah sering melakukan aslinya dengan menggunakan kartu ATM milik korbannya.

 

Berawal dari aksi mereka di lokasi ATM tesebut dengan menggunakan mobil rental. Keduanya menuju Madiun setelah melakukan aksi yang sama di Solo, Jawa Tengah, Minggu (07/04/19). Bersama seorang sopir yang saat ini masih buron.

 

Tersangka melakukan pencurian tersebut dengan cara mengganjal mesin ATM kemudian menunggu calon korbannya. Saat korban memasukkan kartu ATM, ternyata tidak bisa masuk. Kemudian RD masuk ke ruang ATM untuk menawarkan bantuan, dengan meminjam kartu ATM korban yang dengan sekejap diganti dengan ATM yang ukurannya lebih kecil sehingga bisa masuk.

 

Setelah itu, RD bergegas keluar dan bergantian dengan MJ yang juga menawarkan pertolongan. MJ menyuruh korban menekan tombol tertentu di mesin ATM hingga muncul petunjuk untuk memasukkan Nomor PIN yang diam-diam diintip MJ untuk diberikan kepada RD.

 

Disisi lain RD mencari ATM lain untuk melakukan penarikan uang sebesar 5 juta sebanyak empat kali transaksi.

 

Sadar saldonya habis ketika mengecek M-Banking, korban langsung lapor polisi. MJ yang masih di lokasi, langsung diamankan warga. Sedangkan RD mencoba melarikan diri dan berhasil ditemukan di Sidoarjo, Kamis (04/04/19).

 

“Namun ketika dilakukan penangkapan, pelaku RD melawan sehingga petugas menembak kaki kanannya,” terang Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono.

 

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 ayat 1 KUHP, pencurian dengan pemberatan dan diancam 9 tahun penjara.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password