Ribuan Personil TNI-Polri Ucapkan Ikrar, Jamin Pemilu 2019 Aman

Tribratanews.polri.go.id-Medan – Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Mumammad Tito Karnavian, Ph.D., dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., memberikan arahan dan pemahaman tentang teknis pengamanan Pemilu 2019 kepada personil TNI-Polri. Pengarahan tersebut dilakukan saat menghadiri Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Benteng Medan pada Kamis (11/4) sekira pukul 10.00 Wib.

Selesai Apel, Kapolri dan Panglima TNI di lokasi mengecek kesiapan masing-masing personil TNI-Polri yang disiapkan melakukan pengamanan Pemilu 2019.
Dengan tegas seorang personil yang ditanya Panglima TNI mengatakan bahwa tentang apa tugas personil.

“Siap Jenderal, tugas kita nanti akan melakukan pengamanan di setiap TPS dan selalu berkordinasi dengan pihak terkait. Senjata untuk berjaga,” terang personel.
Kemudian, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga melakukan hal yang sama, mengecek personil yang akan melakukan pengamanan Pemilu 2019.

“Apakah bapak tahu tugas Polri di Pemilu 17 April 2019 mendatang,” tanya Kapolri kepada salah satu Komandan Regu Sabhara Polda Sumut yang akan dikirim untuk Bantuan Kendali Operasi (BKO) ke Kabupaten Nias Selatan, AKP M Panjaitan.

“Siap Jenderal, tugas kita melakukan pengamanan di setiap TPS dan selalu berkoordinasi kepada pihak TNI dan Muspika,” jawab AKP M Panjaitan.

Kapolri di lokasi juga memberikan arahan bahwa tugas Polri yang diperbantukan oleh TNI itu melakukan pengamanan agar Pemilu 17 April 2019 berjalan lancar. Bahkan Kapolri juga menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas agar memahami prosedur pemungutan dan perhitungan suara.

“Jika ada masyarakat yang sudah mengantri dan mendaftar di TPS tetapi belum mencoblos pada jam 1 (pukul 13:00 WIB), maka masyarakat itu harus dipersilakan untuk mencoblos, jangan dilarang karena itu sudah ada aturan dari Mahkamah Konstitusi (MK), perihal itu akan segera disosialisasikan secara resmi oleh KPU. Semua personil harus mengetahui aturan pemungutan dan perhitungan suara nantinya,” tegas Kapolri.

Di lokasi, ribuan TNI dan Polri juga melakukan ikrar siap mengamankan Pemilu dan menjamin keamanan masyarakat sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Berikut isi ikrar TNI Polri.

“Kami TNI-Polri siap mengamankan Pemilu pada hari Rabu tanggal 17 April 2019. Kami menjamin keamanan masyarakat sampai ke TPS dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati,”

Selain ikrar Pemilu damai aman dan sukses, Panglima TNI dan Kapolri juga melepas Patroli pengamanan skala besar.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password