Ditreskrimum Polda Metro Jaya Gelar Konferensi Pers Kasus Pencurian Nasabah Bank Sindikat Palembang Lampung

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, menjelaskan kronologis kejadian pencurian terhadap nasabah Bank, Pada hari Selasa, 26 Maret 2019 korban mengambil uang tunai sebesar Rp30 juta menggunakan buku tabungan untuk membayar DP sewa Gedung Olahraga, setelah mengambil uang  korban  berniat berangkat menuju hotel Atlet century park dengan mengendari Mobil Daihatsu Terios dengan warna hitam No. Pol B 1395 TOU milik korban yang mana pada saat itu uang tunai sejumlah 30.000.000, berikut buku tabungan bank BCA korban disimpan di tas kulit warna hitam milik korban dan  menggantungnya di sandaran jok pengemudi belakang korban. Tersangka  B dan tersangka AF memantau korban saat di dalam bank,   ketika korban  keluar bank para pelaku yang berjumlah 5 orang dengan menggunakan 3 unit sepeda motor membuntuti korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, menjelaskan, ketika mobil korban berhenti, tersangka DH dan H menaruh ranjau paku tepat di ban belakang sebelah kiri mobil korban. Kemudian sekitar pukul 14.20 WIB pada saat mobil yang  kemudikan korban  melintas di jalan Casablanka Jakarta Selatan tiba-tiba ada dua orang yang berboncengan sepeda motor memberitahukan ban belakang sebelah kiri mobil korban kempes, setelah korban turun dari mobil untuk mengganti ban serep,  tersangka E mengalihkan perhatian dan barang milik pelaku lainnya mengambil barang korban berupa tas kulit warna hitam yang berisi uang tunai Rp.30.000.00 berikut buku tabungan BCA.

 

Selanjutnya, petugas langsung melakukan penyelidikan, saat ingin ditangkap, pelaku E melawan petugas dengan cara merebut senjata petugas, sehingga petugas lakukan tindakan tegas, yaitu menembak pelaku, sehingga pelaku meninggal dunia. Selanjutnya, tersangka dan barang bukti dibawa ke unit 1 subdit 3 Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk dilakukan proses penyidikan selanjutnya.

 

Akibat perbuatannya, para tersangka dikenakan pasal 36 KUHP  tentang pencurian dan kekerasan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 9 tahun.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password