Kapolda Papua Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si., menghadiri doa dan puasa bersama umat beragama untuk pemilihan legislatif dan pemilu presiden serta wakil presiden tahun 2019 bertempat di Hotel Sahid Jayapura, Rabu (10/04).

Kapolda Papua dalam kesempatan tersebut mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara pada Pileg dan Pilpres tahun 2019 ini tinggal 7 hari lagi, oleh karena itu pada kesempatan ini sangat diharapkan peran tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam mencegah terjadinya perpecahan dalam konsentrasi politik.

“Sistem pemilu saat ini cukup kompleks karena dilaksanakan secara serentak antara Pileg dan Pilpres, akibatnya akan banyak surat suara saat pemungutan suara namun dengan sistem ini jangan menimbulkan perpecahan dalam masyarakat kita. Akan ada persaingan tapi harus tetap menumbuhkan saling percaya dan tidak saling mencurigai sesama. Mari kita bersikap saling percaya dan turut serta menguatkan demokrasi kita,” jelas Kapolda Papua.

Selain itu, Kapolda juga mengungkapkan bahwa media sosial dapat menjadi ancaman yang serius bagi kemajemukan dan toleransi serta keberagaman yang ada pada masyarakat. Hal ini terkait penyebaran berita yang tidak benar atau hoax.

“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat agar benar-benar meninjau dan verifikasi berita-berita yang beredar di media sosial saat ini, sehingga tidak menyebarkan berita yang tidak benar kepada orang banyak,” terang Kapolda Papua.

Kapolda juga meminta kepada pihak penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu agar melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, TNI dan Polri siap mendukung. Pada pelaksanaan pengamanan pemilu 2019 ini anggota Polri dan TNI tentunya tidak bisa bekerja sendiri, untuk itu diharapkan bantuan dari seluruh elemen masyarakat.

“Pada kesempatan ini pula, kami harapkan kepada para tokoh agama dan tokoh adat untuk mengajak masyarakat kita menggunakan hak pilihnya. Kami Polri dan TNI akan menjamin keamanan selama pelaksanaan pemungutan suara tersebut. Tidak ada yang bisa menghalang-halangi pelaksanaan Pemilu, jika ditemukan maka Polda Papua akan melakukan tindakan tegas,” tutup Kapolda Papua.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Papua, Wakapolda Papua, Pejabat Polda Papua, Kabintaldam XVII Cenderawasih, Kabintal Lanud Silas Papare, Parohis Bintal Lantamal X, Ketua FKUB Provinsi Papua, Ketua KPU Prov. Papua, Komisioner Bawaslu Provinsi dan Para Tokoh Agama se-provinsi Papua.

(js/sw/hy)

Admin Polri56608 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password