Karo Penmas: 40.831 Personel Brimob Siap Amankan Pemilu 2019

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Sebanyak 40.831 pasukan Brigade Mobil (Brimob) telah di siapkan Polri untuk mengamankan seluruh wilayah Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat hari pencoblosan dan pasca pencoblosan  apabila terjadi konflik.

 

“Kami sudah menyiapkan 40.831 pasukan dari Brimob dalam rangka melakukan penebalan-penebalan di setiap Polda untuk membantu apabila terjadi sesuatu di sana,” jelas Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., di kantornya, Jakarta Selatan pada Rabu (10/04/19)

Karo Penmas Divhumas Polri menjelaskan, Polri telah mendeteksi kerawanan Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019 tersebut. Sebanyak dua pertiga kekuatan yang telah dikerahkan pun sudah melakukan mitigasi atas kerawanan tersebut.

“Ya betul ada pasukan khusus yang disiapkan, tetapi dua pertiga pasukan sudah melakukan mitigasi kerawanan konflik sosial saat pencoblosan maupun pascapencoblosan,” ujar Jenderal bintang satu tersebut.

Karo Penmas Divhumas Polri juga menyebut, dalam rayon-rayon tertentu pasukan yang disiapkan juga akan ditarik ke lokasi tertentu apabila terjadi konflik sosial di KPU tiap wilayah. Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan mapping daerah rawan konflik pascakampanye terbuka. Setelah itu, Polri akan kembali menyesuaikan penempatan dan penyiagaan personel berdasarkan daerah-daerah rawan.

 

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password