Polda Sulsel Berhasil Amankan Bom Ikan yang Memiliki Jangkauan Ledak Hingga 500 Meter

Tribratanews.polri.go.id- Makassar . Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan berhasil mengamankan Bom ikan yang memiliki memiliki daya ledak yang sangat tinggi.

Dalam hal ini, Kepala Kepolisian Daerah Sulsel Irjen Pol Hamidin mengatakan, bom yang mengandung senyawa amonium nitrat ini mengancam kehidupan terumbu karang dalam skala besar.

“Bahan peledak yang disita di Kampung Bajoe, Sulawesi Selatan, itu dirakit dari pupuk urea kemudian diberikan bahan bakar solar. Namun, detonator yang dipakai dalam bahan tersebut berasal dari India” jelas Kapolda Sulsel .

“Satu kilo bahan ini jika diledakkan di bawah air maka akan terjadi kerusakan seluas 500 meter persegi terumbu karang,” kata Hamidin, di Mako Polairud Polda Sulsel di Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (4/4/2019).

selain itu, Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Sulsel mengamankan Rida (21), seorang nelayan asal Kampung Bajoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, karena memiliki bahan peledak jenis ammonium nitrat yang diduga akan dipergunakan untuk menangkap ikan di perairan Bajoe.

Direktur Polair Polda Sulsel Kombes Pol Purwoko mengatakan, penangkapan bermula ketika pihaknya melakukan patroli air di perairan kampung Bajoe. Bom ikan ini ditemukan di sebuah kapal jenis Jolloro pada Minggu (31/3/2019) silam.

Dari temuan barang bukti ini, polisi menyita 37 liter amonium nitrat yang disimpan dalam jeriken serta detonator bahan tersebut. Selain itu, pihaknya juga menyita 34 botol bir yang berisi amonium nitrat serta dua botol plastik kecil yang berisi TNT.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password