Guna Antisipasi Pembelian Bahan Peledak oleh Terduga Teroris, Polri Petakan Lewat Toko Kimia

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Guna mengantisipasi pembelian bahan kimia berbahaya yang digunakan terduga teroris membuat bom atau bahan peledak, Mabes Polri memetakan hal tersebut melalui laporan toko kimia.

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengatakan, toko-toko tersebut diminta menyampaikan kepada aparat apabila menemukan pembelian bahan kimia berbahaya. Baik itu dalam jumlah besar ataupun secara berkala dalam jumlah sedikit.

“Sudah ada surat edaran juga dari kementerian maupun Pemda. Apabila ada seseorang atau kelompok yang membeli bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan itu dicatat dan dilaporkan ke aparat kepolisian terdekat,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri.

Karo Penmas Divhumas Polri menyebutkan bahwa, UU No 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dapat memudahkan Korps Bhayangkara melakukan tindakan pencegahan. Polri juga telah memiliki database yang kuat, setiap pergerakan mereka yang mencurigakan, itu sudah bisa terdeteksi.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password