Terduga Teroris yang Ditangkap di Bandung Terkait Abu Hamzah Sibolga

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Si., M.M., mengatakan bahwa terduga teroris yang ditangkap di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (28/03/19) yakni WP alias Syahid merupakan bagian dari jaringan terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara, Husain alias Abu Hamzah (AH), Senin (1/4/2019)

“Keterkaitan dengan jaringan Sibolga, mereka berkolaborasi di antara jaringan Sibolga, Lampung dan jaringan JAD di Jawa Barat,” kata Brigjen Pol. Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kolaborasi yang dimaksud adalah para terduga teroris ini sama-sama memiliki rencana untuk merampok uang di salah satu bank di Jawa Timur. Tujuannya, mengumpulkan dana demi kepentingan aksi kegiatan yang mereka sebut sebagai “amaliyah”.

“Akan lakukan aksi FAI atau amaliyah di wilayah Jatim. Targetnya jelas masih kumpulkan dana dalam rangka lakukan aksi secara masif yaitu mobil pengisian ATM yang jadi sasaran mereka,” tutur mantan Kapolres Ponorogo tersebut.

Mantan Wakapolda Kalteng ini mengungkapkan, dari hasil pengembangan sementara, diketahui masih terdapat enam sampai delapan orang lainnya yang terlibat dalam kelompok JAD tersebut. Saat ini, Densus 88 Antiteror Polri masih melakukan pengejaran terhadap para tersangka lain.

“Ini masih dalam pengejaran Densus 88,” tegas mantan Kapolres Lumajang tersebut.

Menurutnya, terduga teroris di Bandung sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk melakukan aksi amaliyah. Bahkan, Syahid juga telah memberikan kode kepada para kelompok JAD lainnya mengenai kesiapan aksinya tersebut.

“Informasi dari akhi Syahid mengatakan; ‘kuda-kuda sudah siap’ yang diasumsikan orang dan senjata untuk amaliyah sudah siap,” jelas Jenderal Bintang Satu tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password