Polres Lampung Berhasil Gagalkan Penyeludupan Daging Celeng, Kulit Trenggiling dan Kulit Ular Sanca Batik

Tribratanews.polri.go.id – Lampung. Kepolisian Resort (Polres) Lampung Selatan berhasil mengamankan komoditas pertanian tanpa dokumen di area pemeriksaan Seaport Interdiction Pelabuhan Bakuheni Lampung Selatan.

“Atas kejelian petugas, paket kulit ular dan sisik trenggiling maupun daging celeng yang akan diselundupkan berhasil digagalkan. Ketiga paket tersebut berasal dari Medan tujuan Jakarta,” jelas Kapolres Lampung Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhamad Syarhan S.I.K. saat menggelar konferensi pers dihalaman KSKP Bakauheni, Senin (1/4/2019).

AKBP Muhamad Syarhan S.I.K. didampingi Kapol KSKP AKP Poeloeng Arsa Sidanu dan petugas Karantina Pertanian Kelas 1 Bandar Lampung Hamidi mengatakan, petugas gabungan mengamankan 12 kardus berisi daging babi seberat 1.200 kilogram, 2 kardus kulit trenggiling seberat 25 kilogram. Dua kardus berisi 439 lembar kulit ular sanca batik.

Kapolres Lampung Selatan melanjutkan, beberapa waktu lalu jajarannya juga sudah pernah menggagalkan pengiriman kulit ular dan daging celeng.

“Untuk daging celeng saat ini jumlahnya saja sangat signifikan karena sudah mencapai 1,5 ton. Namun, kulit/sisik trenggiling selama setahun ini belum pernah muncul, karena hewan ini sangat langka dan dilindungi. namun saat ini sudah dicoba untuk diselundupkan,” tegas AKBP Muhamad Syarhan S.I.K.

Untuk keperluan penyidikan dan penyelidikan, daging celeng dan kulit ular, akan dikoordinasikan ke pihak karantina. Sedangkan kulit/sisik trenggiling ditangani Satreskrim Polres Lampung Selatan.

Atas perbuatannya tersebut, ST, AH, BY dan RS terancam pasal 40 ayat 2 Jo pasal 21 ayat 2 huruf d UU RI no. 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem dengan ancaman penjara 5 tahun denda 100 miliar serta pasal 31 ayat 1 UU RI tahun 92 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan dengan ancaman 3 tahun penjara dan denda 150 juta.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password