Polisi Imbau Pemohon Tidak Gunakan Calo dalam Pembuatan SIM

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Kewenangan memberikan surat izin kendaraan bermotor di Indonesia ini secara sah hanya dimiliki oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Hal ini seperti tertuang dalam pasal 15b Undang-undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Adapun pengaturan lebih khusus mengenai Surat Izin Mengemudi (SIM) terdapat dalam Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2009 tentang Kendaraan dan Pengemudi.

Namun, sebagai salah satu instansi yang diberikan wewenang dalam pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Polri tidak akan sembarang memberikan SIM. Harus melalui tahap ujian untuk lulus dan mendapatkan SIM.

Bukan rahasia lagi kalau mendapatkan SIM itu menjadi ritual yang susah-susah gampang. Pemohon kerap mengalami kegagalan dan memilih menggunakan jasa calo agar tidak repot.

Ditegaskan oleh Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, bahwa jika ada pengendara yang ketahuan melakukan permohonan membuat SIM dengan calo, maka pengendara tersebut akan dipanggil pihak berwajib.

Kasi SIM mengatakan, tanpa perantara atau calo kita tetap bisa lolos dalam ujian pembuatan SIM, yang terpenting adalah percaya pada diri sendiri.

“Tidak ada yang bisa menjamin kelulusan ujian SIM kecuali karena kompetensi anda sendiri. Hindari calo karena calo tidak akan bisa membantu Anda,” jelas Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password