Hadiri Acara Diskusi Membangun Masa Depan Sepak Bola, Kasatgas Anti Mafia Bola : Sepakbola Perlu Gakkumdu Seperti di Pemilu

Tribratanews.polri.go.id-Bandung. Ketua Satuan Tugas Antimafia Bola Brigjen. Pol. Drs. Hendro Pandowo, M.Si. menghadiri acara diskusi Membangun Masa Depan Sepak Bola Indonesia Bersama Satgas Antimafia Bola, Kamis (28/3/2019), di El Royal Hotel, Bandung.

Turut hadir pula Manajer Persib Bandung H Umuh Muchtar, Ketua Asprov PSSI Jabar Tommi Apriantono, pengamat sepakbola Tommy Welly dan pengamat hukum Wenda S Aluwi serta Sejumlah peserta liga Indonesia juga hadir, diantaranya dari PSGC Ciamis, Persika Karawang dan Persiwa Wamena
Dalam acara ini, Kasatgas Antimafia Bola mengharapkan perlunya Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang fokus menangani penegakkan hukum di bidang sepak bola, menyusul terungkapnya kasus mafia bola.

“Di penyelenggaraan Pemilu, ada Gakkumdu yang menangani, mengklasifikasikan setiap perbuatan masuk ranah disiplin atau tindak pidana. Ke depan, hal itu dirasa perlu untuk sepakbola,” jelas Brigjen. Pol. Drs. Hendro Pandowo, M.Si.

Selain Penegakkan Hukum Terpadu, Kasatgas Anti Mafia Bola mengatakan bahwa kemungkinan lain soal penindakan kasus-kasus terkait sepakbola maupun olahraga lainnya dengan membentuk badan baru. Mengingat, dinamika kejahatan yang terjadi di masyarakat terus berkembang.

“Apakah nanti ke depan perlu Direktur Tindak Pidana Olahraga, bisa jadi untuk memenuhi kebutuhan perkembangan masyarakat,” jelas Brigjen. Pol. Drs. Hendro Pandowo, M.Si.

Selain itu, Kasatgas Anti Mafia Bola menjelaskan terbentuknya Satgas Mafia Bola pada 21 Desember 2018 sebagai jawaban atas tekanan publik terhadap pengungkapan pengaturan skor. ‎Hanya saja, kata dia, satgas ini tidak bekerja permanen.

‎”Karena Satgas ini ada masa kerjanya, selama enam bulan nanti sampai Juni. Tapi saran dan masukan akan kami tampung dan disampaikan ke Kapolri,” tuturnya.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password