Polri Telusuri Dugaan Pidana Terkait Hercules Pukul Wartawan

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., menjelaskan, pihak kepolisian siap memproses terkait dugaan pemukulan yang dilakukan oleh terpidana perusakan dan pendudukan lahan, Herucules Rosario Marshal, jika ditemukan bukti unsur pidana. Polisi pun masih menunggu laporan dari korban.

Diketahui sebelumnya, Hercules mengamuk sekeluar dari mobil tahanan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada Rabu (27/3/19) lalu.

Pada saat itu, dia akan dibawa jaksa ke ruang tahanan pengadilan, sebelum menjalani sidang. Saat hal itu berlangsung, sejumlah wartawan meminta untuk mengambil gambar.

Tak disangka, ketika keluar dari mobil tahanan, Hercules terlihat emosional, diduga karena tak suka difoto. Dia kemudian mengejar beberapa wartawan hingga para pemburu berita berlarian.

Saat kejadian tersebut wartawan VIVA, posisinya paling dekat, dan akhirnya terkena pukulan Hercules hingga tangan kiri korban memar.

“Pada prinsipnya, siapapun yang melakukan pelanggaran hukum, ada dua alat bukti cukup, Polri akan memproses itu,” tegas Kadiv Humas Polri itu usai menghadiri acara Hari Pers Nasional oleh Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Mantan Wakapolda Jatim itu menjelaskan, walaupun posisi Hercules saat ini dan saat peristiwa terjadi berstatus terdakwa, hal itu tidak ada pengecualian. Polisi memegang prinsip, semuanya sama di mata hukum.

“Akan tetapi, polisi akan meneliti dulu,” tandas Jenderal Bintang Dua itu.

Sebelumnya, Pemimpin Redaksi VIVA, Maryadi menegaskan bahwa aksi Hercules tersebut merupakan bentuk kekerasan dan penghalangan terhadap kerja jurnalis yang dilindungi Undang-undang Pers No 40 Tahun 1999.

“Kami tentunya, mengecam atas peristiwa aksi kekerasan yang menimpa jurnalis kami,” ungkapnya.

(my/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password