Tipu Konsumen Hingga Puluhan juta Rupiah, Sales Gadungan ini Ditangkap Polisi

Tribratanewa.polri.go.id – Purworejo, Seorang yang mengaku sebagai sales NR (37) warga Desa Tambi, Sliyep, Indramayu, Jawa Barat harus berurusan dengan Reskrim Polsek Purworejo, karena NR diduga melakukan penipuan dengan menjual Carbon Brush palsu merk Makita.

Menurut Kapolsek Purworejo AKP Markotib, Penangkapan terhadap tersangka NR terjadi Kamis (14/03/19) di Indramayu atas laporan Ramli (36), korban penipuan yang mengalami kerugian Rp 24 juta, pemilik bengkel las di jalan Brigjend Katamso, Pangenrejo, Purworejo, terangnya saat Pers Rillies, Senin (25/03/19).

“Tersangka saat melakukan aksinya mengaku sebagai sales dari CV Logam Jaya Teknik dari Bandung, dan mengaku bernama Andi, tersangka datang menemui pemilik las, Ramli dengan menawarkan produk alat pertukangan, carbon brush merk Makita, gergaji besi, dan batu potong gerinda, namun karena korban tidak butuh alat tersebut, korban menolak. Tersangka kemudian pergi dengan meninggalkan brosur harga serta nomer Handphone,”jelas AKP Markotib.

Lanjut Kapolsek Setelah meninggalkan bengkel las, tersangka langsung menghubungi temannya yang bernama Muhammad Nur Karim, untuk memasang ranjau atau menjebak korban. Kemudian teman tersangka datang ke bengkel las dan menemui korban dengan berpura-pura membutuhkan seribu set carbon brush merk Makita type CB 51A, untuk proyek bandara di Kulon Progo dan berani membayar dengan harga Rp 27 ribu per set di atas harga pasaran dan langsung memberi tanda jadi Rp 1,4 juta untuk meyakinkan korban.

“Karena korban tertarik dan akan mendapatkan untung, korban menghubungi tersangka, dan langsung memesan seribu carbon brush merk Makita. Selanjutnya tersangka meminta korban untuk membayar lunas supaya barang bisa dikirim dengan cara tranfer sesuai harga pesanan sebesar Rp 24. 250.000,” terangnya.

Setelah barang yang dikirim sampai, korban langsung menghubungi pemesan Muhammad Nur namun no HP tidak bisa dihubungi, korban juga menghubungi tersangka no HP juga tidak aktif, Akhirnya korban mengecek barang tersebut dan ternyata diketahui, kalau carbon brush merk Makita type CB 51A ternyata palsu. Karena merasa di tipu korban melapor kejadian tersebut ke Polsek Purworejo, dan ditindak lanjuti unit Reskim dan berhasil menangkap tersangka di Indramayu.

Sementara itu menurut tersangka NR barang tersebut dibeli dari distributor seharga Rp 2.950,- per set, dan dijual kepada korban seperti harga aslinya, Rp 25 ribu per set.

“Saya mendapat untung Rp 15 juta, dan dibagi dua. Masing-masing mendapat Rp 7,5 juta,” jelas tersangka.

Sebagai barang bukti, Polisi berhasil mengamankan untuk barang bukti, antara lain, satu bendel brosur CV Logam Jaya Teknik, seribu set carbon brush, uang tunai Rp 1,4 juta, bukti transfer Rp 24.250.000,-, dan satu mobil Honda Brio warna Abu abu metalik dengan nopol K9108LK.

Atas perbuatanya tersangka kita jerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. Ancaman hukumannya maksimal 4 tahun penjara, pungkas AKP Markotib.

(sa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password