Kapolda Sumsel Jadi Keynote Speaker “Melawan Hoax dan Ujaran Kebencian Menebar Semangat Kebhinekaan”

Tribratanews.polri.go.id – Palembang. Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Drs. Zulkarnain Adinegara menjadi Keynote Speaker dengan tema Melawan Hoax dan Ujaran Kebencian Menebar Semangat Kebhinekaan, Selasa (26/03/19).

Kapolda Sumsel mengatakan bahwa hoax adalah suatu pemberitaan palsu, pemberitahuan yang tidak jelas sumbernya dan isinya tidak benar.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Wilayah Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Prov. Sumsel bertempat di Ballroom Hotel Grand Ina Palembang.

Selanjutnya Jenderal bintang dua tersebut mengatakan bahwa hoax merupakan suatu usaha untuk menipu pembaca agar mempercayai dengan tujuan tertentu padahal yang membuat berita palsu tersebut mengetahui bahwa berita tersebut adalah palsu. Biasanya digunakan dalam internet seperti di blog, email, twitter, facebook, di forum, dan lain -lain.

Isu hoax paling banyak berdasarkan sumber sosial politik urutan pertama 91,8%, selanjutnya sara 88,6%, dan urutan ketiga kesehatan 41,2%, jelas Kapolda Sumsel.

Untuk itu Kapolda Sumsel mengatakan upaya Polri menanggulangi isu hoax di Indonesia dengan cara edukasi dengan menggandeng komunitas yang intens dan konsernya terhadap maraknya informasi bohong, penegakan hukum melalui mekanisme penyelidikan, penyidikan terhadap alun, situs, web, maupun medsos yang menyiarkan berita bohong, dan memperkuat unit siber.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password