Polda Jabar Gelar Rampak Musik Karinding, 1.500 Peraga Pecahkan Rekor Muri

Tribratanews.polri.go.id-Bandung. Polda Jabar memperagakan Rampak Musik Karinding yang dimainkan 1.500 orang. Pertunjukan Alat musik tiup tradisional Sunda yang diselenggarakan di Mapolda Jabar ini bertujuan untuk melestarikan budaya Sunda yang hampir punah, Sabtu (23/3/19).


Penyelenggaraan Rampak Musik Karinding ini dipimpin oleh Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol Bariza Sulfi, Dir Lantas Polda Jabar Kombes Pol Mohamad Aris, dan Triyono selaku perwakilan dari MURI.

Tim penilai Muri, Triyono mengungkapkan, rampak Karinding Polda Jawa Barat itu memecahkan rekor yang sebelumnya dilakukan oleh 1200 orang. Dikatakannya, pihak Museum Rekor Indonesia (Muri), mengapresiasi apa yang dilakukan Polda Jawa Barat, untuk turut melestarikan seni budaya, khususnya Jawa Barat.

“Itu merupakan khasanah budaya Jawa Barat yang mulai dilupakan, khususnya oleh kaum millennial. Muri sangat mengapresiasi sekali dengan dilakukannya rampak Karinding,”ungkapnya usai pemecahan rekor rampak Karinding di Mapolda Jawa Barat, Sabtu (23/3/2019).

Disamping itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K. mengatakan bahwa kegiatan pemecahan Rekor Muri ini diprakarsai oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si.

“Terdapat 1.500 orang pemain musik kerinding yang mengikuti kegiatan tersebut. Pesertanya terdiri dari personel Polda Jabar, PNL, PHL Polda Jabar, dan calon siswa pengiriman terpadu Polda Jabar tahun 2019,” kata Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Sabtu (23/3/2019).

Selain untuk meraih Rekor Muri, kegiatan rampak musik karinding tersebut bertujuan untuk melestarikan seni budaya Sunda.

“Seni Budaya harus dipertahankan, sehingga keberadaanya tetap lestari, sebagai kesenian yang patut dibanggakan bagi bangsa Indonesia,” ungkap Kabid Humas Polda Jabar.

Kerinding dimainkan dengan disimpan di bibir, terus tepuk bagian pemukulnya biar tercipta resonansi suara. Kerinding biasanya dimainkan secara solo atau grup (2 sampai 5 orang). Seroang diantaranya disebut pengatur nada atau pengatur ritme.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password