Polda Kalbar Awasi Anggaran Dana Desa, Guna Mendukung Pembangunan Desa Mandiri

Tribratanews.polri.go.id. – Pontianak. Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar), Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H., menegaskan bahwa ia dan jajarannya terus mengawasi penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD). Hal ini disampaikan Kapolda Kalbar saat menghadiri Sosialisasi Memaksimalkan Peran Serta Dunia Usaha Dalam Upaya Percepatan Pembentukan Desa Mandiri di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Kalbar, Kamis (21/3). Pengawasan ADD yang dilaksanakan Kapolda Kalbar bertujuan untuk menjaga ADD agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kapolda Kalbar juga menegaskan akan menindak sesuai hukum yang berlaku bagi siapa saja yang melanggar dan terjadi penyelewengan. Menilai saat ini desa telah menjadi idola, berbagai pembangunan pun ada di desa.

“Guna mendukung percepatan pembangunan desa sesuai dengan visi misi Gubernur Kalbar, kami dari pihak kepolisan bersama dengan KPK akan terus mengawasi penggunaan anggaran dana desa. Tujuanya jelas, agar tidak disalahgunakan oleh oknum -oknum dan kami akan tindak sesuai hukum yang berlaku jika itu terjadi penyelewengan,” jelas Kapolda Kalbar.

 

Jenderal Bintang Dua itu menegaskan,  dalam aspek ketahanan sosial dari dahulu kepolisian sudah mempunyai Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh Polsek yang ada di tiap Kecamatan.  Adapun tugas Bhabinkamtibmas  adalah bekerja sama dengan Bhabinsa ini membantu kepala desa dalam pengelolaan desa.

“Di tiap Polsek juga ada program pembangunan pos keamanan atau poskamling untuk di tiap desa, karena bagaimanapun juga filosofis desa mandiri ini berkaitan erat pula dengan keamanan. Polda Kalbar sendiri telah membentuk Satgas Desa Mandiri melalui kapolsek. Satgas  terbentuk sejak November 2018, jelas Kapolda Kalbar.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password