Polda Jatim Terapkan Tiga Pola Pengamanan Pemilu

Tribratanews.polri.go.idSurabaya. Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur bakal menerapkan tiga pola pada Pemilu 2019. Tiga pola itu adalah strategi polisi dalam pengamanan masing-masing tempat pempungutan suara (TPS) nantinya.

“Tiga polda itu, yakni rawan, rawan satu, dan sangat rawan,” tegas Kapolda Jatim, Irjen Pol. Luki Hermawan, di Surabaya, Kamis, (21/03/19).

Pada Pemilu 2019 mendatang, Irjen Pol. Luki Hermawan menganggap semua daerah di Jatim rawan. Jenderal bintang dua tersebut menilai seperti itu agar semua daerah harus diwaspadai, tidak fokus pada daerah-daerah tertentu, seperti Pulau Madura.

Kapolda Jatim menegaskan, Pemilu kali ini berbeda dari sebelumnya. Dimana Pilpres dan Pileg dilaksanakan secara serentak, sedangkan sebelumnya dilaksanakan tidak serentak.

Irjen Pol. Luki Hermawan tidak menyebut berapa jumlah personel Kepolisian yang akan dikerahkan amankan Pemilu 2019 untuk di wilayah hukum Polda Jatim dan juga merahasiakan strategi pengamanan dengan tiga pola yang dimaksud.

“Intinya, semua daerah di Jatim harus diwaspadai, diantisipasi. Kita sudah siap untuk amankan Jatim, masing-masing TPS nanti akan dijaga satu petugas polisi, dan dua anggota linmas,” jelas mantan Wakabaintelkam Polri.

Kapolda Jatim akan mengerahkan pasukkannya ke bagian koordinator wilayah pada 22 Maret 2019. Untuk saat ini situasi di Jatim kondusif, termasuk Madura.

“Saya berharap semoga pesta demokrasi nanti berjalan aman dan lancar. Saya berharap pengamanan Pemilu 2019 yang kurang 27 hari lagi ini, dapat terlaksana dengan kondusif,” tutup Irjen Pol. Luki Hermawan.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password